close
News

Huawei Luncurkan Sistem Operasi Baru Harmony OS Gantikan Android

Gusjigang.net | Huawei memulai konferensi developer. Akhirnya! Huawei telah mengumumkan HarmonyOS. Platform open-source baru seolah-olah nama akhir untuk OS Hongmeng yang di umumkan resmi pada hari Jumat di sebuah acara yang diadakan di Cina.

HarmonyOS adalah OS terdistribusi berbasis mikrokernel pertama untuk semua perangkat seperti TV, tablet, smart speakers, wireless earbuds, smartwatch, PC, kacamata VR, bahkan mobil

Richard Yu menguapkan kepada peserta pada Konferensi developer Huawei. “HarmonyOS adalah OS terdistribusi berbasis mikrokernel pertama untuk semua skenario”

Platform baru ini mendukung smartphone, smart speaker, komputer, smartwatches, earbud nirkabel, mobil, dan tablet. Bahkan, Yu mengatakan platform ini mendukung ukuran RAM mulai dari kilobyte hingga gigabyte. Cukup menarik, Huawei mengatakan HarmonyOS tidak akan mendukung akses root.

Menurut CEO Huawei, Richard Yu, ia menyatakan bahwa OS baru yang disebut HarmonyOS atau HongMengOS ” akan membawa lebih banyak harmoni dan kenyamanan bagi dunia”.

Selain itu, ia menyatakan bahwa HarmonyOS adalah “OS berorientasi masa depan” dan akan menjadi “lebih halus dan aman,”. Dia juga menyatakan bahwa OS baru akan sepenuhnya berbeda dari Android atau iOS kepada pengguna.

CEO Huawei juga mencatat bahwa platform tersebut pada akhirnya akan mendukung berbagai aplikasi, berbasis Android, HTML5, dan Linux, yang berarti Anda dapat menjalankan aplikasi yang dibangun pada platform ini di HarmonyOS juga. “kata Yu. Yu menambahkan bahwa ARK Compiler yang digunakan dalam pengembangan aplikasi HarmonyOS juga akan mendukung Kotlin, Java, Javascript, C, dan C ++. Selain itu, yang perlu diperhatikan bagi para pengembang atau pengguna yang suka menyesuaikan smartphone mereka dengan rooting, mem-flash TWRP, dll. Itu, HarmonyOS tidak mengizinkan akses root . Karena perusahaan ingin menghindari risiko keamanan yang masuk ke dalam smartphone yang menjalankan HarmonyOS.

Huawei, menyatakan di acara tersebut, menginginkan smartphone Cina lainnya seperti Oppo dan Xiaomi untuk lebih mengembangkan HarmonyOS baru.
HarmonyOS 1.0 atau HongMengOS 1.0 versi China akan dijadwalkan akan di adopsi untuk smart screen Huawei di Q4 tahun ini . Selain itu, perusahaan juga mengharapkan untuk meluncurkan versi 2.0 di tahun 2020 dan versi 3.0 pada tahun 2021

Selain itu, HarmonyOS ini sudah di adopsi di Honor Vision TV yang mulai dijual di Tiongkok mulai 10 Agustus hari ini. Selama tiga tahun ke depan, HarmonyOS akan dioptimalkan dan secara bertahap diadopsi di berbagai perangkat pintar, termasuk perangkat yang dapat dipakai, Huawei Vision, dll.

Bagaimana dengan Android?

CEO Huawei mengatakan HarmonyOS akan menggantikan Android di smartphone-nya “kapan saja,”

Kata Yu, “Jika kita tidak dapat menggunakan Android di masa depan, maka kita dapat segera beralih ke HarmonyOS,”

Yu menjelaskan kepada peserta, bahwa migrasi dari Android ke platform baru “tidak terlalu sulit.”

Produk pertama yang menggunakan HarmonyOS adalah perangkat TV Honor Vision, yang akan diluncurkan di Cina 10 Agustus.

Berita tentang sistem operasi baru juga beredar setelah larangan perdagangan AS terhadap perusahaan pada bulan Mei. Presiden Donald Trump sejak itu mengklaim bahwa larangan itu akan dicabut sebagian, tetapi Departemen Perdagangan AS masih melarang perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker