Cara Mudah Rooting dan Pasang TWRP Samsung Galaxy A3 (2016)

Gusjigang.net |Samsung Samsung Galaxy A3 2016 SM-A310F/ SM-A310FD/ SM-A310Y/ SM-A310M merupakan salah satu ponsel yang di luncurkan Samsung. Ini merupakan Smartphone Kelas Menengah Dengan Spesifikasi yang Gahar dan harga terjangkau. Jika Anda Ingin melakukan root Ponsel Samsung Galaxy A3 2016 anda dan menginstal Recovery dengan aman. Anda telah datang ke tempat yang tepat. Nah Hari ini saya akan membahas Cara Rooting dan Pasang TWRP Samsung Galaxy A3 2016 SM-A310F/ SM-A310FD/ SM-A310Y/ SM-A310M

TWRP Recovery adalah Custom Recovery yang juga dikenal sebagai TeamWin Recovery dibangun dengan antarmuka layar sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menginstal firmware pihak ketiga, menginstal mod, perangkat root dan mengambil cadangan lengkap. Jika Anda ingin memaksimalkan perangkat Android Anda, maka TWRP adalah alat yang harus dimiliki.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3

Samsung Galaxy A3 diluncurkan pada  2015, December. Ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh 4.7 inches dengan resolusi 720 x 1280 pixels, dengan Rasio 16:9 (~312 ppi density) dan pelindung Corning Gorilla Glass. Samsung Galaxy A3 ditenagai oleh prosesor Exynos 7578 CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 GPU Mali-T720MP2 dan dilengkapi dengan 1.5 GB RAM. Ponsel ini mempunyai penyimpanan internal sebesar 16 GB, dapat diperluas hingga 64GB melalui kartu microSD.

Untuk urusan kamera, smartphone seri Galaxy A3 dilengkapi dengan pengaturan single kamera di bagian belakang 13MP. Untuk di bagian depan Samsung Galaxy A3 mengusung 5Mp untuk selfie. Samsung Galaxy A3 menjalankan Android Android 7.0 (Nougat) dan ditenagai Baterai sebesar 3000mAh.

Samsung Galaxy A3 memiliki Simcard Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan di sertakan juga konektivitas seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, 3G dan LTE. untuk bagian sensor ponsel memiliki berbagai sensor seperti Sensors Accelerometer, proximity, compass ANT+

Persyaratan:

  • Untuk mem-flash Recovery TWRP, Anda memerlukan Laptop atau PC.
  • Anda perlu Unlocked Bootloader di Galaxy A3 2016 .
  • Unduh Driver USB Samsung terbaru
  • Pastikan Batarai anda memiliki setidaknya 60% Untuk menghindari bootloop / mati selama proses tersebut.
  • Cadangkan semua pesan, log panggilan, dan kontak Anda.
  • Aktifkan Mode OEM Unlocking dan USB Debugging dari Opsi Pengembang.
  • Dengan cara pertama – tama aktifkan dulu mode developer options dulu. buka Settings > About Phone, lalu tekan sebanyak tujuh kali Build Number/Bentukan, Sampai muncul Peringatan yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
  • Kemudian kembali ke pengaturan awal. lalu cari Opsi Pengembang/ developer dan aktifkan Aktifkan Mode OEM Unlocking dan USB Debugging
  • Gunakan kabel data asli untuk menghubungkan Galaxy A3 2016 ke komputer.

Bahan Download:

Instal TWRP Recovery Galaxy A3

  1. Salin file Magsik root.zip ke kartu memori eksternal.
  2. Unzip Odin.zip, buka folder yang diekstrak dan jalankan Odin.exe.
  3. Sekarang reboot Galaxy A3 Anda ke Download mode.
  4. Untuk melakukannya, tekan dan tahan Volume Down + Volume Up + Power secara bersamaan untuk mem-boot up selama beberapa detik.
  5. Saat ponsel Anda menampilkan peringatan, lepaskan semua tombol dan tekan tombol Volume Up.
  6. Hubungkan Galaxy A3 Anda ke PC menggunakan kabel USB yang kompatibel, lebih baik megunakan Usb original.
  7. ID:COM Port akan menjadi biru dan ada tulisan Added!! di kotak pesan di Odin. Ini menunjukkan bahwa Odin telah mendeteksi ponsel Anda.
  8. Sekarang klik tab Options di Odin dan Centang “F.Reset.Time” dan hapus centang pada opsi “Auto Reboot”.Root Galaxy Tab A SM T580 Odin
  9. Kemudian tekan tombol AP di Odin, arahkan ke file twrp dan tambahkan.
  10. Terakhir, klik tombol Start untuk memulai instalasi.
  11. Tunggu beberapa detik TWRP akan dipasang di ponsel Anda dan ketika audah selesai Odin akan menampilkan pesan PASS!.
  12. Sekarang Lepaskan kabel USB anda Kemudian Reboot Galaxy A3 Anda ke dalam TWRP Recovery untuk memformatnya.

Cara Rooting Galaxy A3

  1. Tahan tombol Volume Down + Power button pada saat yang sama selama sekitar 7 detik.
  2. Setelah Masuk ke Recovery geser slider konfirmasi “Allow modifications”.
  3. Kemudian Hapus data, Dengan cara Dari Menu Twrp klik Wipe> Format Data dan ketik “yes” untuk mengonfirmasi.
  4. Sekarang kembali lagi dan pilih Reboot> Recovery Untuk me-reboot ponsel Anda kembali ke Recovery TWRP.
  5. Ketika ponsel Anda di-boot ke TWRP, ketuk tombol Install, arahkan ke Magisk.zip, lalu gesek untuk mem-flash Magsisk.zip pada perangkat.
  6. Setelah Semua selesai, sekarang Reboot Ponsel anda.kembali ke menu utama dan ketuk Reboot> System.

Nah, Itulah Cara Mudah Rooting dan Pasang TWRP Samsung Galaxy A3 2016 SM-A310F/ SM-A310FD/ SM-A310Y/ SM-A310M. Sekian artikel saya semoga bermanfaat bagi anda, jika ada pertanyaan silahkan Komentar di bawah ini.