close
BootloaderRooting

Cara Mudah Unlосk Bootloader dan Root Oppo F1 Plus 100% Sukses

Gusjigang.net | Oppo merupakan Perusahaan smartphone asal Tiongkok yang di dirikan pada tahun 2004. Oppo terkenal dari seri pertamanya, yaitu Oppo Find 5 dan menduduki peringkat ke-4 merek smartphone di seluruh dunia pada tahun 2017, dan merupakan merek smartphone nomor 1 di China pada tahun 2016. Sekarang Oppo telah menjadi salah satu Produk Smartphone popular di dunia karena Spesifikasi, Performa, Kualitas Build & harga yang sangat terjangkau.

Oppo ini merupakan Smartphone yang di targetkan untuk pasar pintar murah yang dijual secara online dan Offline, Nah bagi anda yang ingin Mengoprek Tentu saja anda harus melakukan Unlock bootloader. Karena semua hp Oppo yang dirilis ke publik dengan bootloader terkunci (locked bootloader) karena alasan keamanan. Nah dalam posting ini, Saya akan membahas Tentang Cara Mudah Unlock Bootloader Oppo F1 Plus.

Spesifikasi Oppo F1 Plus

Oppo F1 Plus diluncurkan pada 2016, March. Ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh 5.5 inches dengan resolusi 1080 x 1920, dengan Rasio 16:9 (~401 ppi density) dan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Oppo F1 Plus ditenagai oleh Mediatek MT6755 Helio P10 (28 nm) CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53) GPU Mali-T860MP2 dilengkapi dengan Internal 64GB 4GB RAM.

Untuk urusan kamera, smartphone seri Oppo F1 Plus memiliki Single kamera di belakang yaitu 13 MP. Untuk di bagian depan Oppo F1 Plus mengusung 16 MP camera untuk selfie. Oppo F1 Plus menjalankan Android 9.0 (Pie); ColorOS 6 dan ditenagai Baterai sebesar Li-Po 3180mAh.

Oppo F1 Plus memiliki Sbimcard Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan di sertakan juga konektivitas seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, NFC, 3G dan 4G (dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE di Indonesia). untuk bagian sensor ponsel memiliki berbagai sensor seperti Fingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass.

Apa itu Bootloader? Bootloader adalah Sebuah Code pemrograman Yang harus di dijalankan atau di muat oleh sistem operasi (OS) untuk Android. Konsep bootloader bersifat universal untuk hampir semua jenis OS yang sistemnya tertanam di PC, laptop, smartphone atau jenis perangkat yang lain.

Pengertian Bootloader

Setiap ponsel Android, bootloader memiliki tugas yaitu mengoperasikan kernel pada sistem operasi dan membooting secara normal. Di balik itu semua bootloader juga berperan penting dalam memodifikasi Sistem Operasi. Namun kamu juga perlu memehami satu hal, OS Android merupakan Sistem operasi Open Source, Jadi setiap OEM memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang di tanam dalam Smartphone. Sehingga, jika kamu Ingin mencoba menginstal custom ROM yang tidak sesuai dengan Tipe atau versi smartphone anda akan berakibat fatal. entah itu entah itu menyebabkan soft brick atau hard brick.

Mengapa bootloader terkunci?

Setiap OEM biasanya mengunci Bootloader Smartphone buatannya, meskipun Android merupakan sistem operasi Open Source. Di balik itu semua Bootloader yang di kunci lebih aman Dari serangan Peretas dan Menghindari Kerusakan akibat kesalahan Modifikasi Sistem operasi dan berakhir dengan soft brick atau hard brick.

Jadi jika Anda ingin Tetep menginginkan Unlock bootloader untuk ROOT, Install TWRP Recovery dan coba ROM CUSTOM, Nah pada pembahasan Ini saya akan memberikan Tutorial Cara Unlock bootloader Oppo F1 Plus

Hal pertama Untuk membuka kunci bootloader, Kita harus mengikuti beberapa langkah dengan menggunakan Adb fastboot Mari kita simak selengkapnya disini.

Kekurangan unlock bootloader :

  • Membuka kunci bootloader akan mengakibatkan kehilangan garansi Smartphone Anda.
  • Smartphone lebih rentan terhadap adware, virus, malware yang bisa mengacam Data yang ada di dalam smartphone anda. Salah satunya aplikasi yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi seperti aplikasi perbankan.

Kelebihan setelah unlock bootloader :

  • Bisa melakukan Custom ROM, nge-root, pasang XPOSED, TWRP dan Tweak atau modifikasi Smartphone Anda untuk meningkatkan performa smartphone.
  • Jika Smartphone anda bootloop atau stock di Logo lebih mudah mengatasinya.
  • Lebih mudah melakukan flashing.

Note:

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun. Metode ini hanya untuk Ponsel Oppo F1 Plus

Persyaratan:

  • Backup data-data penting karena proses ini akan menghapus Semua data yang ada data di Memori HP anda selama proses Unlock bootloader.
  • Install USB Drivers di komputer Anda.
  • Aktifkan USB Debugging  di ponsel Xiaomi Anda.
    • pertama – tama aktifkan dulu mode developer options dulu. buka Settings > About Phone, lalu tekan sebanyak tujuh kali Build Number/Bentukan, Sampai muncul Peringatan yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
    • Kemudian kembali ke pengaturan awal. lalu cari Opsi Pengembang/ developer dan aktifkan Aktifkan Mode OEM Unlocking dan USB Debugging
  • Pastikan baterai full charger atau minimal 50% untuk menghindari bootloop saat prosesing Flashing Hp.
  • Dipastikan PC / laptop menggunakan OS Windows.
  • Gunakan kabel data asli untuk menghubungkan Oppo komputer.

Bahan Download:

Cara Mudah Unlock Bootloader Oppo F1 Plus

Langkah 1 : Siapkan semua Bahan yang Sudah di download Di atas.

Langkah 2 : Ekstrak file Driver Oppo Lalu Install Di PC atau laptop.

Langkah 3 :  Kemudian Install ADB pada PC Anda. Kemudian sambungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel data USB.

Catatan:  Pastikan driver USB Oppo diinstal pada PC Anda dengan benar.

Langkah 4 :  Pergi ke lokasi C: \ Program Files \ Minimal ADB dan folder Fastboot (di mana Anda telah menginstal adb dan fastboot). Kemudian Tekan dan tahan Tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, Kemudian pilih opsi “Open command window here

Langkah 5: Setelah itu Command Line akan terbuka, tampilannya seperti CMD.

Langkah 6: Kemudian untuk mengecek apakah Hp sudah terkoneksi dengan baik dengan laptop/PC ketikkan perintah berikut dan tekan tombol enter:

adb devices

Langkah 7: Selanjutnya masuk ke fastboot mod dengan Cara ketik perintah selanjutnya dan tekan tombol enter:

adb reboot bootloader

Langkah 8 : Selanjutnya Cek lagi koneksi Hp anda untuk mengetahaui apakah Hp sudah terkoneksi dengan baik dengan laptop/PC Dengan cara ketik perintah fastboot dan tekan tombol enter:

fastboot devices

Langkah 9: Selanjutnya Untuk melakukan proses unlock bootloader. ketikkan perintah berikut dan tekan tombol enter:

fastboot oem unlock

Saat Anda menekan enter, proses membuka kunci bootloader akan dimulai.

Langkah 10 : Terakhir reboot/restart Hp dengan cara ketik dan tekan Enter.

fastboot reboot 

Selesai!!

Cara Rooting Oppo F1 Plus

  • Download Aplikasi KingRoot versi terbaru.
  • Kemudian, install aplikasinya, Jika mendapatkan pesan “Google installation blocked message” (lihat gambar di bawah), pilih “More details” lalu pilih “Install anyway (unsave)” dan “Ok”.
  • Selanjutnya Tunggu beberapa menit untuk proses instalasi jika sudah selesai pilih “Open” untuk membuka/menjalankan aplikasi Kingroot.
  • Selanjutnya Jіkа арlіkаѕіnуа ѕudаh tеrbukа, kemudian swipe/usap layar keatas 2x dan akan terbuka jendela konfirmasi lalu pilih TRY IT.
  • Selanjutnya pilih TRY ROOT untuk memulai proses Rooting Hp, tunggu beberapa menit untuk menyelesaikan proses Rooting
  • Sеtеlаh рrоѕеѕ rооtіng selesai mаkа akan muncul tulisan “Rооtеd” раdа pada Hp. Untuk mеmаѕtіkаn bаhwа Oppo F1 Plus ѕudаh bеnаr-bеnаr rooted, silahkan dоwnlоаd арlіkаѕі Rооt Checker di Google Play App.

Nah, itulah Tutоrіаl kаlі ini tentang Cara Mudah Unlосk Bootloader dan Root Oppo F1 Plus Tеrbаru. Sekian postingan kali ini semoga bеrmаnfааt. Jіkа іngіn ada pertanyaan ѕіlаhkаn tіnggаlkаn komentar di bawah ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker