6 Cara Mengatasi The File Is Too Large The Destination File System

0
2
Cara Mengatasi The File Is Too Large

PC anda mengalami “the file is too large for the destination file system” saat mengcopy-paste file berukuran terlalu besar ke drive lain? Nah anda berada di tempat yang tepat. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas Cara mengatasi “The file is too large for the destination file system” dengan mudah.

Pada Postingan ini Saya akan membahas beberapa Cara Mudah Untuk mengatasi the file is too large for the destination file system tanpa kehilangan data-data penting.

Terkadang saat menyalin file yang sangat besar dari PC kami ke hard drive eksternal atau memori USB. Pc kami mendapati pesan “The file is too large for the destination file system“. Apa penyebabnya? 

Salah Satu penyebab Utama adalah flashdisk atau external drive Anda tidak mencukupi untuk menyimpan file yang Anda pindahkan baik itu jenisnya rar, iso, exe dsb. biasanya file yang anda pindahkan lebih besar dari kapasitas media penyimpanan yang anda punya.

Tetapi jika drive kita seperti flashdisk tidak bisa menyimpan file yang berukuran besar (lebih dari 4GB) Padahal Flashdisk atau drive kita Memiliki kapasitas besar atau Sudah mencukupi? karena hard drive eksternal dan drive USB biasanya menggunakan format FAT32. Format ini memiliki kapasitas alamat hingga 32-bit yang hanya mengizinkan untuk menyimpan file hingga maksimum 4 GB. Itulah sebabnya meskipun drive tujuan memiliki cukup ruang untuk menyimpan file. Namun karena formatnya, tidak mampu menanganinya.

Cara Mengatasi The file is too large for the destination file system

Di bawah ini ada beberapa cara Itu mengatasi “The file is too large for the destination file system” di Windows:

Format Drive Menjadi NTFS

Perlu anda ketahui bahwa format sebuah drive komputer juga memiliki beragam format file sistem dan di setiap format memiliki ketentuan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satunya Fromat FAT32 dan exFAT membatasi menyimpan file hingga maksimum 4 GB sedangkan NTFS Tidak ada batasnya. Dalam metode ini, kami akan mengatasi file is too large for the destination file system Dengan Cara memformat Drive USB atau hard disk Eksternal Ke Format NTFS.

  • Untuk memformat memori USB atau hardisk eksternal, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan copy atau backup file penting yang ada di dalamnya. Ingatlah bahwa saat memformat, Anda akan kehilangan semua data yang disimpan.
  • Setelah data penting anda sudah di backup atau dicopy ke Drive lain, Sekarang Anda klik kanan pada drive Anda yang akan di format kemudian pilih menu Format
  • Setelah itu Sekarang kita pilih file system menjadi NTFS kemudian klik Start.
Saya sarankan Untuk mencegah kegagalan dalam proses format, silakan uncheck kotak kecil yang bertuliskan “Quick Format”.
  • Tunggu sampai proses format selesai.
  • Jika sudah selesai, silakan coba untuk memindahkan file ke dalam drive yang baru saja Anda format.

Converting File System Melalui Command Prompt

Cara Alternatif untuk memformat disk adalah mengonversinya ke format lain. Pada proses ini anda bisa mengganti file sistem menggunakan barisan perintah di command prompt (CMD). Meskipun ini adalah tidak menyebabkan Kehilangan File data di memori USB atau hard drive eksternal saat mengubah format penyimpanan file, kami menyarankan Anda untuk membackup Semua file Anda sebelum melanjutkan.

  • Pertama Buka Command Prompt dengan mode administrator di windows anda.
  • Kemudian setelah Cmd terbuka, Anda harus mengetikkan perintah berikut :
convert drive letter: /fs: ntfs
  • Ganti “drive letter” dengan huruf pada drive anda Anda bisa lihat di file explorer Windows). Sebagai contoh jika drive letter-nya adalah huruf H: maka ketikkan seperti ini:
convert G: /fs: ntfs
  • Setelah Anda memasukkan perintah, Kemudian tekan tombol Enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses converting selesai. Jika sudah selesai, silakan coba untuk memindahkan file besar ke dalam drive untuk memastikan apakah drive bisa menyimpan file besar.

Reformat Menggunakan Disk Management

Jika ternyata cara pertama tidak Berhasil. Silakan Anda gunakan cara kedua ini. Untuk Cara kedua Tujuannya masih sama, dengan cara pertama, Namun Di Cara kedua ini Untuk memformat Drive USB atau hard disk Eksternal Ke Format NTFS melalui Disk Management. Nah, Bagi anda belum mem-backup file Anda, Silahkan Backup terlebih dahulu.

  • Pertama Silahkan Tekan Windows + R untuk membuka kotak “Run”.
  • Kemudian Setelah Kotak ” Run” Muncul ketikkan “diskmgmt.msc” kemudian tekan enter.
  • Setelah itu, Anda akan melihat daftar drive yang terdeteksi pada Disk Management komputer anda.
  • Kemudian Silakan klik kanan pada salah satu drive yang akan anda Format kemudian klik Format.
  • Kemudian pilih File System menjadi NTFS lalu klik OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses format selesai.
  • Kemudian Silakan anda coba kembali untuk meng-copy file ke flashdisk/drive Anda.

Compress File Menggunakan Winrar

Cara Alternatif untuk Untuk mengatasi the file is too large for the destination file system adalah Kompres File terlebih dahulu. Di bawah ini saya akan menjelaskan menggunakan Winrar. Apabila file yang Anda miliki ukurannya tidak lebih dari 4GB. Anda bisa coba menggunakan tutorial ini untuk mengkompres-nya, Sehingga file yang memiliki ukuran mendekati 4Gb bisa di pindahkan. cara ini Anda tidak perlu format/backup file.

  • Pertama Pastikan Winrar sudah terpasang di komputer Anda.
  • Kemudian Klik kanan pada file yang akan dikompres.
  • kemudian pilih Add to archive
  • Setelah itu, ubah Archive format menjadi Rar Atau Zip agar proses memperkecil ukuran file dapat dimaksimalkan.
  • Kemudian jika sudah, klik OK dan tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai. Jika sudah selesai, silakan coba untuk memindahkan file besar ke dalam drive untuk memastikan apakah drive bisa menyimpan file besar.

Split File menjadi beberapa bagian Menggunakan Winrar

Alternatif Lainnya Untuk mengatasi File terlalu besar adalah anda bisa melakukan Split atau pisahkan File Menjadi Beberapa Bagian. Ini akan membantu menyimpannya ke drive USB Anda dengan cepat bahkan ketika format sistem Drive masih FAT32.

  • Pertama klik kanan pada file folder yang ingin Anda pisahkan dan Split.
  • Setelah itu, pilih opsi “Add to archive“.
  • Kemudian Pada menu Split to volumes yang ditampilkan, Ubah size satuannya jadi MB dan silakan isi angka di sampingnya sesuai keinginan anda sendiri, Perlu anda ketahui Jika angka size yang anda masukkan semakin kecil maka hasil pecahan akan semakin banyak.
  • Selanjutnya Klik “Ok” dan tunggu sampai proses pembagian file selesai.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung copy atau pindahkan file yang sudah dipecah ke drive Anda satu persatu ke Drive.

Nah, itulah Cara Mengatasi The file is too large for the destination file system. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Jika ada Pertanyaan Silahkan Komentar Di bawah Ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here