Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Realme X 100% Sukses

Gusjigang.net | Realme merupakan Perusahaan smartphone asal China yang di dirikan pada tahun 2018. Realme telah menjadi salah satu Produk Smartphone popular di dunia karena Spesifikasi, Performa, Kualitas Build & harga yang sangat terjangkau. Juga, alasan utama popularitasnya adalah Harga yang sangat
terjangkau.

Realme ini merupakan Subrand dari oppo yang di targetkan untuk pasar pintar murah yang dijual secara online, Nah bagi anda yang ingin Mengoprek Realme semua realme yang dirilis ke publik hadir dengan bootloader terkunci (locked bootloader) karena alasan keamanan. Nah dalam posting ini, Saya akan membahas Tentang Cara Mudah Unlock Bootloader Realme X.

Spesifikasi Realme X

Realme X diluncurkan pada 2019, July. Ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh 6.53 inches dengan resolusi 1080 x 2340, dengan Rasio 19.5:9 (~402 ppi density) dan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Realme X ditenagai oleh Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm) CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) GPU Adreno 616 dan dilengkapi dengan Internal 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM.

Untuk urusan kamera, smartphone seri Realme X memiliki dual kamera di belakang yaitu 48+5 MP. Untuk di bagian depan Realme X mengusung Motorized pop-up 16 MP untuk selfie. Realme X menjalankan Android 9.0 (Pie) dan ditenagai Baterai sebesar Li-Po 3765mAh.

Realme X memiliki Sbimcard Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan di sertakan juga konektivitas seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, NFC, 3G dan 4G (dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE di Indonesia). untuk bagian sensor ponsel memiliki berbagai sensor seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass.

Pengertian Bootloader

Apa itu Bootloader? Bootloader adalah Sebuah Code pemrograman Yang harus di dijalankan atau di muat oleh sistem operasi (OS) untuk Android. Konsep bootloader bersifat universal untuk hampir semua jenis OS yang sistemnya tertanam di PC, laptop, smartphone atau jenis perangkat yang lain.

Setiap ponsel Android, bootloader memiliki tugas yaitu mengoperasikan kernel pada sistem operasi dan membooting secara normal. Di balik itu semua bootloader juga berperan penting dalam memodifikasi Sistem Operasi. Namun kamu juga perlu memehami satu hal, OS Android merupakan Sistem operasi Open Source, Jadi setiap OEM memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang di tanam dalam Smartphone. Sehingga, jika kamu Ingin mencoba menginstal custom ROM yang tidak sesuai dengan Tipe atau versi smartphone anda akan berakibat fatal. entah itu entah itu menyebabkan soft brick atau hard brick.

Mengapa bootloader terkunci?

Setiap OEM biasanya mengunci Bootloader Smartphone buatannya, meskipun Android merupakan sistem operasi Open Source. Di balik itu semua Bootloader yang di kunci lebih aman Dari serangan Peretas dan Menghindari Kerusakan akibat kesalahan Modifikasi Sistem operasi dan berakhir dengan soft brick atau hard brick.

Jadi jika Anda ingin Tetep menginginkan Unlock bootloader untuk ROOT, Install TWRP Recovery dan coba ROM CUSTOM, Nah pada pembahasan Ini saya akan memberikan Tutorial Cara Unlock bootloader Realme X

Hal pertama Untuk membuka kunci bootloader, Kita harus mengikuti beberapa langkah dengan Tool Unlock bootloader. Mari kita simak selengkapnya disini.

Kekurangan unlock bootloader :

  • Membuka kunci bootloader akan mengakibatkan kehilangan garansi Smartphone Anda.
  • Smartphone lebih rentan terhadap adware, virus, malware yang bisa mengacam Data yang ada di dalam smartphone anda.
  • Salah satunya aplikasi yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi seperti aplikasi perbankan.

Kelebihan setelah unlock bootloader :

  • Bisa melakukan Custom ROM, nge-root, pasang XPOSED, TWRP dan Tweak atau modifikasi Smartphone Anda untuk meningkatkan performa smartphone.
  • Jika Smartphone anda bootloop atau stock di Logo lebih mudah mengatasinya.

Note:

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun. Metode ini hanya untuk Ponsel Realme

Persyaratan:

  • Pastikan Anda telah melakukan pencadangan penuh perangkat Anda untuk mencegah kehilangan data selama proses Unlock bootloader.
  • Install USB Drivers di komputer Anda.
  • Aktifkan Mode OEM Unlocking dan USB Debugging dari Opsi Pengembang.Dengan cara pertama – tama aktifkan dulu mode developer options dulu. buka “Settings > About Phone”, lalu tekan sebanyak tujuh kali “version” Sampai muncul Peringatan yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
  • Kemudian kembali ke pengaturan awal. lalu cari Opsi Pengembang/ developer dan aktifkan Aktifkan Mode OEM Unlocking dan USB Debugging
  • Pastikan Batarai anda memiliki setidaknya 60% Untuk menghindari bootloop / mati selama proses tersebut.

Download

Cara Unlock bootloader Realme X

Langkah 1: Download In-depth test APK yang sudah saya sertakan di link di atas, kemudian install di HP Realme X kalian. kemudian buka pengaturan (Buka Setting > Scurity > Checklist “Unknown Sources” > Pilih OK jika muncul pesan > dan Pilih Trust (Setujui)

Langkah 2 : Kemudian Buka Tools aplikasi In-depth test Realme X yang sudah di download tadi.

Langkah 3 : kemudian Klik “Start applying” Untuk memulai.

1184733185762656256

Langkah 4 : Kemudian Harap baca disclaimer secara detail, pilih kotak centang, dan kirim aplikasi Anda.

1184733322320805888

Langkah 5 : Tunggu beberapa menit untuk menunggu persetujuan Unlock bootloader.

Langkah 6 :Tunggu Dalam waktu sekitar 1 jam, apk tools Unlock bootloader untuk review. jika berhasil, silakan lanjutkan ke langkah berikut.

1184733459843645440

Langkah 7 : Sekarang klik “Start the in-depth test” dan perangkat akan reboot secara otomatis dan menampilkan teks seperti ini  “fast boot_unlock_verify ok”

1184733528542150656

Langkah 8 : Download ran Exstrak Minimal Adb

Langkah 9 : Hubungkan Ponsel Anda ke Komputer menggunakan Kabel USB yang Anda dapatkan di dalam Box.

Langkah 10 : Buka Minimal ADB Fastboot Tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, kemudianpilih “Open command window here

Langkah 11 : Sekarang setelah perangkat Connect, kita perlu Reboot Perangkat ke dalam Mode Fastboot menggunakan Perintah ADB dengan cara.

” adb reboot bootloader 

Langkah 12 : Sekarang Setelah Ponsel kita yakin Terhubung. Sekarang kita Unlock bootloader dengan beberapa Perintah seperti di bawah ini

fastboot flashing unlock” .

Langkah 13 : Setelah itu Di ponsel Anda, tekan tombol Volume Atas untuk memilih “Unlock bootloder“.

1184733602185740288

Langkah 14 : Ketika Anda mengklik Volume Atas, Anda akan memasuki antarmuka baru yang ditunjukkan di bawah ini.

1184733706040901632

Langkah 15 : Kemudian masukkan perintah “fastboot reboot“. Kemudian ponsel akan reboot dan masuk ke mode “in-depth test“. Pada proses ini semua data yang ada di perangkat akan dihapus. Tunggu sampai selesai.

Nah, Itulah Cara Unlock Bootloader Realme X. Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda. jika ada pertanyaan silahkan komentar di Bawah ini