4 Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power Terbaru

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power – Setelah menggunakan telepon kita untuk waktu yang lama, ada saat-saat tertentu kita mungkin ingin mematikannya. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mematikan ponsel Oppo anda baik dengan tombol power maupun tanpa menggunakan tombol.

Sama seperti manusia, setiap perangkat juga membutuhkan istirahat untuk menjaga kesehatan dan performanya. Mematikan perangkat Anda adalah cara yang mudah dan efektif untuk menghentikannya.
Selain itu, mematikan ponsel juga berguna untuk menghindari berbagai gangguan yang muncul di ponsel seperti panggilan telepon yang tidak diinginkan, notifikasi dari WA yang tidak penting, dan gangguan lain yang mengganggu konsentrasi kita.

4 Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power Terbaru

Peran tombol power memang sangat penting, namun sangat jarang yang memperhatikannya. Jika tombol power rusak, kemampuan menghidupkan dan mematikan ponsel akan terganggu.

Jika Anda pengguna HP Oppo dan pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan karena tombol power terkunci, jangan panik. Sebelum Anda memutuskan untuk memperbaikinya, ada baiknya Anda menggunakan cara alternatif terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghidupkan kembali handphone tanpa menggunakan tombol. Opsi ini bisa Anda lakukan tanpa aplikasi tambahan atau bisa juga menggunakan bantuan aplikasi khusus.

Nah, kali ini gusjigang.net akan membagikan beberapa cara mematikan ponsel Oppo yang mudah dan praktis. Namun, pertama-tama mari kita jelaskan beberapa manfaat mematikan perangkat.

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power dengan Aktifkan fitur on-off otomatis

Auto Power On/Off adalah fitur yang memungkinkan ponsel Oppo untuk hidup atau mati secara otomatis pada waktu tertentu. Feature ini biasanya ada hampir di semua handphone Oppo dan umumnya dapat diatur lewat menu setting.

  • Langkah pertama, buka kunci ponsel Oppo Anda lalu ketuk aplikasi Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya, temukan opsi Fitur Ekstra dan ketuk di atasnya.
  • Selanjutnya silahkan klik pilihan Auto On/Off.
  • Ok, sekarang aktifkan Auto Power Off lalu atur waktu matinya handphone secara otomatis.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengatur jam tertentu kapan ponsel akan menyala secara otomatis dengan memilih opsi Auto turn on.
  • Untuk pemakai Android 12 ke atas, feature ini bisa dijumpai di Settings > System Settings > Schedule On/Off.

Baca juga:

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol PowerGunakan aplikasi menu power

Jika tombol power ponsel Oppo Anda rusak, aplikasi ini sangat berguna untuk mematikan ponsel. Aplikasi ini menyediakan dua opsi yaitu Restart dan Shutdown.

  • Instal aplikasi  tombol Power Menu.
  • Berikutnya, buka aplikasi dan ketuk Bawa saya ke layar penyiapan.
  • Selanjutnya akan masuk ke Accessibility setting, silahkan pilih menu Power dan aktifkan.
  • Kemudian buka kembali aplikasi Menu Daya dan ketuk Buka.
  • Lalu pilih Matikan atau pilih Mulai ulang.

Gunakan Sensor Biometrik

Pilihan selanjutnya adalah mengaktifkan fitur biometrik HP Oppo. Cara yang sama ini bisa menjadi cara selanjutnya yang sangat menarik untuk digunakan. Pengguna HP Oppo yang mendukung sensor biometrik harus mengetahui cara kerjanya.

  • Silakan masuk pada menu setting atau pengaturan.
  • Terus pilih opsi kunci layar dan kata sandi.
  • Kemudian pilih opsi tambah sidik jari untuk menambah sidik jari baru.
  • Kemudian pilih opsi kunci layar.
  • Langkah selanjutnya, Anda dapat memilih PIN atau kata sandi.
  • Silahkan buat pin sesuai keinginan dan mudah diingat.
  • Lanjutkan menambahkan sidik jari seperti yang ditampilkan di layar.
  • Jika sidik jari telah ditambahkan, Anda dapat menambahkan sidik jari lainnya.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, Anda sebagai pengguna Oppo dapat menggunakan sensor biometrik untuk mematikan ponsel sebagai pengganti tombol power off. Nah, untuk mekanismenya sendiri, kamu bisa mengikuti informasi yang muncul di pengaturan. Pasalnya, setiap tipe ponsel mungkin memiliki mekanisme yang berbeda.

Gunakan Bantuan Asisten Google

Metode lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan bantuan Google Assistant:

  • Tekan dan tahan tombol Utama atau ucapkan “Ok Google” untuk meluncurkan Asisten Google.
  • Ucapkan “matikan ponsel” ke Asisten Google atau google assistant
  • Asisten Google akan mengonfirmasi tindakan ini dan ponsel Anda akan mati.

Mengapa Mematikan HP dengan cara  alternatif?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk memahami mengapa mematikan telepon Anda mungkin merupakan pilihan yang baik. Situasi darurat dapat terjadi, di mana tombol daya tidak berfungsi, tetapi Anda tetap perlu mematikan perangkat. Cara alternatif ini juga bisa membantu Anda jika tombol power sudah diperbaiki atau mengalami masalah teknis.

Akhir kata

Dalam keadaan darurat dimana tombol power tidak berfungsi, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mematikan HP Oppo tanpa tombol power. Dari menggunakan pengisi daya hingga memanfaatkan fitur bawaan, pilihan ada di tangan Anda.

Cara mematikan hp oppo tanpa tombol power sangat berguna ketika tombol power di hp tidak bisa digunakan. Saat ponsel perlu dimatikan, namun tombol power mengalami masalah, tidak perlu khawatir. Karena Anda masih bisa mematikan ponsel tanpa menekan tombol power.

Setiap tombol pada ponsel memiliki peran penting, tak terkecuali tombol power. Jika tombol power rusak atau rusak dan tidak dapat digunakan lagi, maka tentunya pengguna akan kesulitan ketika harus mematikan atau mengaktifkan perangkat tersebut.

Smartphone biasanya perlu dimatikan saat pengguna sedang istirahat, tidur malam, atau sedang dalam perjalanan guna menghemat daya baterai. Mematikan dan mengaktifkan ponsel umumnya menggunakan kombinasi tombol power dan volume up atau tombol power saja.

Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan atau mengaktifkan ponsel tanpa menekan tombol fisik. Cara ini sangat mudah diimplementasikan dan juga fungsional tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi apapun.Banyak merek smartphone termasuk Oppo dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat tersebut.