Cara Membuat Usb Bootable Windows 10 Dengan Rufus

0
10
Bootable Windows 10 Dengan Rufus

Ketika Anda Ingin menginstal Windows 10, Pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan File iso Windows ke flashdisk atau di sebut bootable. Jadi dalam tutorial ini, kita akan membahas cara membuat Usb bootable Windows 10 dengan Rufus.

Rufus adalah salah satu aplikasi populer dan gratis untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk membuat bootable Windows 10 dan sistem operasi lain seperti Ubuntu, CentOS, RHEL, dll.

Sebelum membuat bootable flashdisk, pertama yang Anda harus persiapkan adalah sebuah flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi msvcp140.dll Error Di Windows 7/8/10

Persyaratan

  • Dipastikan PC / Laptop anda menjalankan Windows 7 atau versi terbaru
  • Software Rufus versi terbaru
  • Drive USB / flashdisk minimal 8GB.
  • File ISO Windows 10 anda bisa download menggunakan Media Creation Tool atau dari link situs resmi

Cara Membuat Bootable Windows 10 dengan Rufus

Sekarang, setelah Anda siap dengan prasyaratnya, mari mulai proses Membuat Bootable Windows 10 menggunakan Rufus.

Pertama : download Rufus dan jalankan software yang anda didownload tadi.

Kedua : Kemudian Masukkan flashdisk Anda ke komputer. Rufus secara otomatis akan mendeteksinya. Tetapi Jika flashdisk Anda tidak terdeteksi, anda bisa tutup dan luncurkan Rufus lagi. Atau anda bisa menggunakan flashdik lainnya.

Ketiga : Kemudian jika sudah, Klik opsi SELECT

Sebuah gambar berisi teksDeskripsi dibuat secara otomatis

Keempat : Kemudian pilih file ISO Windows 10 yang Sudah anda download, lalu klik Open

Sebuah gambar berisi teks, monitor, cuplikan layar, dalam ruanganDeskripsi dibuat secara otomatis

Kelima : Setelah memilih file ISO, Rufus secara otomatis akan Secara default memilih opsi Partition scheme GPT atau MBR berdasarkan jenis ISO. Namun, Anda juga dapat mengubah opsi secara manual jika diinginkan. Jadi, jika Anda ingin membuat boot disk Legacy BIOS, Anda dapat memilih MBR dan untuk boot disk UEFI pilih GPT di bagian Partition scheme. Tapi saya sarankan jika pc anda generasi terbaru anda bisa milih opsi GPT. Tetapi jika pc atau laptop yang anda gunakan generasi lawas anda bisa gunakan MBR. Dalam tutorial ini, kami membuat disk bootable menggunakan Partition GPT.

Keenam : Selanjutnya klik Start,.di bagian bawah. Setelah itu Akan ada notifikasi pemberitahuan kalau flashdisk akan di format dan semua data akan hilang. Klik OK. Jangan lupa jika ada data penting di flashdisk salin dulu sebelum melakukan proses buat bootable.

Ketujuh : Tunggu beberapa menit hingga pembuatan bootable flashdisk benar-benar selesai. Proses membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Kedelapan : Setelah proses penyalinan file windows 10 telah selesai, Akan muncul sebuah notifikasi pemberitahuan, klik Close saja.

Kesembilan : Kemudian klik  klik Close untuk menutup software Rufus.

Terakhir

Sekarang Anda telah berhasil membuat USB bootable menggunakan Rufus, Anda dapat menginstal Windows 10 menggunakan drive USB / flashdisk. Tapi ingat, Anda masih harus mengatur PC Anda untuk boot flshdisk  untuk menginstal OS dari USB drive..

Nah itulah Cara Membuat Bootable Windows 10 Dengan Rufus. Sekian Postingan kali ini Semoga bermanfaat bagi anda. Jika Anda masalah saat membuat bootable windwos 10. Anda bisa komntar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here