Cara Mengatasi Memory Management blue screen Error (BSOD)

0
15
Cara Mengatasi Memory Management blue screen Error

Gusjigang.net | Apakah Laptop atau pc anda mengalami memory management blue screen Error atau Bsod? nah dalam kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi memory management blue screen Error.

Bagi para pengguna Windows 10 mungkin hampir semua pernah merasakan yang namanya Blue screen of death atau disebut BSOD, atau disingkat blue screen. Kasus BOSD merupakan salah satu di antara berbagai macam kasus terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart.

Layaknya pada versi Windows yang lain, Masalah blue screen pada Windows 10 juga bisa mengakibatkan pekerjaan kita terganggu, Nah pada kesempatan kali ini saya akan Membahas Cara Mengatasi Memory Management BSOD Error

Apa itu Memory Management BSOD pada Windows 10?

Memory Management adalah proses untuk mengelola penggunaan memori di komputer Anda. Memory Management bertugas melacak setiap byte memori di komputer Anda, dan apakah itu kosong atau sedang digunakan, baik untuk program yang akan berjalan maupun untuk sistem operasi itu sendiri.

Tetapi kadang-kadang karena masalah Hardware, atau File sistem corrup dan tidak berfungsi, usang, Device driver rusak, Ini akan mengakibatkan Memory Management BSOD di Windows 10 error

Penyebab memory management blue screen Error

  • Pertama driver dalam Windows sudah usang, rusak
  • Corrupted dalam registry Windows Saat Install Windows atau Update Windows. 
  • Infeksi virus atau malware yang merusak file sistem Windows atau file program OS Windows. 
  • Konflik driver setelah memasang hardware baru. 
  • File sistem rusak atau dihapus setelah Anda menginstal software atau driver OS Windows. 
  • Kesalahan 0x1A blue screen yang disebabkan oleh hard disk yang rusak. 
  • RAM rusak.

Cara Mengatasi memory management blue screen Error Di windows 10

Perbarui Driver Windows 10

Seperti yang dibahas sebelum rusak, driver perangkat yang tidak kompatibel atau Sudah Usang menyebabkan sebagian besar kesalahan blue screen. Dan Kemungkinan mengakibatkan manajemen memori BSOD error. Kami pertama-tama menyarankan untuk memperbarui / Instal ulang driver Device (terutama driver display, Network adapter dan driver Audio) untuk memastikan driver perangkat yang usang / tidak kompatibel tidak menyebabkan masalah. Nah, berikut ini cara memperbarui atau Instal ulang driver di windows 10.

  • Tekan Windows + R, ketik devmgmt.msc dan ok untuk membuka Device manager.
  • Nah, Setelah membuka Device manager Disini ada semua daftar driver yang terinstal Lalu Pilih Driver yang error dengan tanda segitiga kuning (jika Anda ingin menginstal ulang driver) Atau Jika ingin memperbarui driver yang paling penting Pilih (driver display, adapter jaringan, dan driver Audio).
  • Untuk melakukan ini, Pilih salah satu Driver Contoh : display adapter, klik kanan pada driver display yang diinstal, pilih update driver.
  • Kemudian pilih search automatically for updated driver software dan ikuti instruksi pada layar.

Cara Mudah Mengatasi msvcp140.dll Error Di Windows 7/8/10

Atau Untuk menginstal ulang driver, pertama-tama kunjungi Download driver terbaru yang tersedia dari produsen Driver. Kemudian buka kembali manajer perangkat, Buka driver display di sini klik kanan pada driver layar yang diinstal dan pilih uninstall. Setelah itu Restart windows dan selanjutnya mulai jalankan / install driver setup.exe yang Anda unduh dari situs web produsen. Lakukan proses yang sama untuk driver lain (Adaptor jaringan, driver Audio dll) untuk memperbarui dan menginstal ulang driver.

Jalankan SFC dan DISM Comment

Windows memiliki utilitas SFC yang dirancang khusus untuk memindai dan mendeteksi berbagai masalah yang disebabkan oleh file sistem yang rusak dan hilang. Saat menjalankan alat ini jika ditemukan ada file sistem yang rusak, utilitas SFC mengembalikan dan memperbaikinya. Jadi Kami sarankan untuk Menjalankan utilitas ini untuk memastikan file sistem yang rusak dan hilang tidak menyebabkan blue screen.

Untuk menjalankan utilitas ini cukup buka command prompt sebagai administrator. Dan ketik perintah sfc / scannow dan tekan tombol enter untuk menjalankan perintah. Utilitas akan mulai memindai file sistem yang rusak Tidak  ada. Jika ditemukan utilitas SFC akan mengembalikannya dari folder khusus yang terletak di % WinDir% \ System32 \ dllcache. Tunggu hingga 100% menyelesaikan proses pemindaian setelah itu restart windows

Jika hasil pemindaian SFC windows resource protection menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat diperbaiki. Kemudian Jalankan perintah DISM, Untuk memperbaiki system image. Untuk melakukan ini ketik perintah di bawah ini pada command prompt administrative. tunggu 100% untuk menyelesaikan proses dan Jalankan perintah SFC / scannow. Restart windows dan periksa. apakah masih ada kesalahan BSOD.

dism/online/cleanup-image/restorehealth

Periksa Disk Drive Error

Sekali lagi Terkadang, Disk Drive Error, bad sector, sistem file yang rusak dapat menyebabkan Blue Screent pada windows 10. Dalam hal ini, menjalankan perintah chkdsk dapat membantu untuk memeriksa dan memperbaiki drive disk Error.  Untuk melakukan ini buka command prompt sebagai administrator dan ketik perintah chkdks C: / f / r lalu tekan enter. Setelah itu tekan tombol Y, lalu tutup command prompt dan restart windows. PC Anda akan secara otomatis memindai dan memperbaiki beberapa masalah dasar partisi hard disk Anda. 

Jalankan Tool Windows Memory Diagnostic 

Seperti namanya memory management error berhubungan dengan RAM yang diinstal. Windows Memory Diagnostic sendiri dapat membantu mengetahui Masalah yang ada di Komputer anda. Berikut cara menjalankan Tools Windows Memory Diagnostic:

Klik pada Start menu search, ketik windows diagnostic dan buka Windows Memory Diagnostic Tool. Klik ‘Restart now and check for problems‘, Ikuti langkah langkah yang ada di layar.

Ketika Windows restart, Tools ini akan memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang salah dengan memori Anda. Jika ada, maka Anda harus mengganti RAM sendiri atau mengirim kembali komputer Anda jika masih dalam garansi.

Nah, Itulah Cara Mengatasi Memory Management Error Blue Screen. Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda. Jika Ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here