3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Jadi 1 MB

Cara mengecilkan ukuran foto di HP bisa orang lakukan dengan banyak cara. Bisa pakai aplikasi, pakai situs online, hingga tanpa aplikasi pihak ketiga. Caranya tidak rumit jika sudah memahaminya.

Orang kerap kali membutuhkan layanan ini untuk mengurus berbagai keperluan administrasi. Pasalnya ukuran file foto atau dokumen lain seringkali cukup besar, sehingga menyita ruang penyimpanan si penerima.

Jadi, mengkompres atau mengecilkan foto dan file lain bisa jadi solusi untuk hal tersebut. Proses pengecilan foto akan menyebabkan pixelnya juga berubah. Semakin sedikit jumlah pixelnya maka kualitas foto juga akan semakin rendah.

Maka pengguna juga harus pandai dalam memilih ukuran pixel yang sesuai agar foto tetap terlihat dengan jelas. Seringkali ukuran yang digunakan untuk kompres foto adalah 1 MB.

Beberapa Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Mudah

Seperti informasi sebelumnya, bahwa cara mengecilkan ukuran foto di HP bisa dengan beberapa cara. Ada yang menggunakan aplikasi tambahan, menggunakan situs online, hingga tanpa memakai aplikasi apapun.

Ketiga cara tersebut bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja. Berikut ulasan masing-masing caranya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP
Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP

1. Cara Kompres Foto di HP Secara Online

Pengguna yang memiliki jaringan internet stabil dan mudah, bisa memilih layanan kompres foto secara online. Cara yang mudah karena tidak perlu unduh aplikasi tambahan di ponsel. Sehingga kapasitas ruang penyimpanan bisa tetap longgar.

Prosesnya adalah dengan memakai situs website tertentu yang melayani kompres foto gratis. Berikut ini adalah beberapa situs website yang rekomended untuk kompres foto menjadi lebih kecil.

  1. BeFunky, cara memakainya cukup mudah, kunjungi befunky.com dan klik create di bagian atas. Kemudian pilih Photo Editoropen file – pilih foto – edit dan resize sesuai ukuran yang diinginkan. Jika sudah klik save dan foto akan tersimpan di ponsel;
  2. iLoveIMG dengan mengunjungi iloveimg.com dan pada deret atas bisa klik resize image. Klik tombol select image untuk mengecilkan ukuran foto, bisa by pixels atau by percentage. Klik resize images dan simpan;
  3. Resizeimage dengan mengunjungi resizeimage.net, kemudian pilih foto pada perangkat. Klik ukuran gambar berdasar persentase atau ubah ukuran dan sesuaikan format yang dikecilkan. Klik tombol resize dan simpan foto.

Selain situs di atas, ada juga beberapa situs lainnya yang juga bisa untuk melakukan kompres foto secara online.

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Menggunakan Aplikasi

Langkah lain yang bisa orang lakukan untuk mengecilkan foto melalui ponselnya adalah dengan menambahkan aplikasi tambahan. Menjadi pilihan yang ringkas dan cepat, akan tetapi mungkin akan memakan beberapa memori dalam menyimpan aplikasinya.

Namun bukan halangan jika spesifikasi ponsel Anda mumpuni. Beberapa aplikasi tambahan yang bisa orang pakai adalah sebagai berikut.

  1. Image Size;
  2. Photo Compress 2.0;
  3. Photo and Picture Resizer;
  4. Resize Me;
  5. Pixlr Express;
  6. Image Easy Resizer & JPG PNG;
  7. Reduce Photo Size.

Selain aplikasi diatas ada beberapa pilihan Aplikasi Edit Foto yang Lagi Hits yang sering digunakan editor dengan fitur menu yang lebih beragam.

3. Cara Mengecilkan MB Foto di HP Tanpa Aplikasi

Selain cara sebelumnya, pengguna Android juga bisa mengkompres foto menggunakan fitur yang tersedia di ponsel. Sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi dan memakai jaringan internet. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka galeri dan pilih bagian foto yang ingin Anda kompres;
  2. Klik ikon edit dan pilih bagian titik tiga;
  3. Klik resize image, dan atur ukuran foto agar lebih kecil;
  4. Jika sudah klik done untuk menerapkan perubahan dan piksel foto akan berkurang. Untuk melihatnya bisa cek bagian detail atau rincian foto.

Itulah beberapa cara mengecilkan MB foto di HP dengan mudah dan praktis, pilih yang menurut Anda bisa sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.