12 Aplikasi Jual Foto Penghasil Uang Terbukti Bayar

Menggunakan aplikasi jual foto penghasil uang bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang hobi fotografi. Terlebih kalau Anda sudah memutuskan berprofesi sebagai fotografer profesional, maka mempunyai ‘lahan jual’ karya seperti aplikasi maupun website sudah wajib hukumnya.

Dalam proses pembayaran, merupakan hal penting yang wajib Anda perhatikan. Platform maupun website di bawah adalah aplikasi jual foto terbukti membayar, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mau melakukan payout.

Menjual foto merupakan salah satu cara memanfaatkan teknologi informasi dan perkembangan digital dengan tepat. Baik foto original maupun sudah mendapat sentuhan editing tertentu.

Aplikasi Jual Foto Penghasil Uang Terbukti Bayar

Aplikasi Jual Foto Penghasil Uang yang Pasti Bayar

Beberapa aplikasi berikut memberlakukan batas minimum payout. Ada yang 25 dolar, 50 dolar, dan 100 dolar. Dengan kata lain, ketika saldo dalam akun Anda belum mencapai ambang batas tersebut, maka tidak melakukan payout atau penarikan dana.

1. iStock

aplikasi jual foto dapat uang untuk pemula

Cara bergabung menjadi kontributor iStock adalah dengan mendaftar dan memperoleh persetujuan. Anda perlu mengunduh aplikasi jual foto penghasil uang iStock dari Play Store, App Store, atau mengaksesnya secara langsung dari website.

Selanjutnya isi formulir pendaftaran sembari memberi 3 s/d 5 contoh foto. Editor akan melakukan review untuk kelayakan Anda.

2. Dreamstime

Aplikasi jual foto terbukti membayar

Ambang batas payout untuk Dreamstime seperti Google Adsense, yaitu 100 dolar atau sekitar 1,4 jutaan. Ketika sudah bergabung dengan Dreamstime, sebaiknya Anda fokus karena ada banyak sekali program maupun event dengan reward besar.

Hingga saat ini, platform Dreamstime sangat populer dengan komunitas mencapai lebih dari 38 juta. Dreamstime cocok sebagai aplikasi jual foto dapat uang untuk pemula hingga profesional.

3. Shutterstock

Jual foto online untuk pemula

Sebagaimana iStock, Anda membutuhkan persetujuan dari editor Shutterstock sebelum bergabung. Aplikasi Shutterstock Contributor di Play Store sudah sangat matang, ringan, dan mempunyai fitur lengkap.

Dalam perkembangan Shutterstock, mereka masih giat melakukan advertising di penyedia foto dan gambar gratis seperti Pixabay, Pexels, maupun Unsplash. Ketika sebuah brand maupun perusahaan membutuhkan foto premium, video pendek premium, atau bahan berkualitas lainnya pasti akan mencarinya di Shutterstock.

4. Foap

Aplikasi jual foto Bahasa Indonesia

Foap adalah aplikasi jual foto penghasil uang Android maupun iOS yang sama-sama populer. Sistem penjualan foto di Foap adalah lisensi penggunaan, hak cipta foto tetap menjadi milik Anda. Dengan kata lain, Anda tetap bisa menjual foto tersebut berulang kali.

5. 500px

Aplikasi jual foto Android

Anda yang sudah serius menekuni dunia fotografi, 500px bisa menjadi salah satu lahan memamerkan karya fotografi Anda. Platform 500px sangat cocok untuk fotografer semi-profesional hingga profesional. Keuntungan berjualan di 500px adalah relasi dengan fotografer atau kontributor lain di sana.

Perlu Anda tahu, bahwa di 500px dalam proses pendaftaran akun kontributor adalah gratis. Namun, akun gratis tersebut hanya bisa mengirim maksimal 7 foto per minggu. Terdapat paket awesome (4 dolar per bulan) dan pro (8 dolar per bulan) untuk mengirim foto tak terbatas.

Baca juga Aplikasi Penghasil Uang Paling Real dan Terbukti Membayar di Tahun 2022

6. Alamy

Jual foto online untuk pemula yang mempunyai ambang batas payout 50 dolar. Ketika saldo hasil jual foto sudah lebih dari ambang batas payout tersebut, Anda dapat melakukan penarikan dana. Kelebihannya, termasuk adanya tools analisis gratis dengan kelas premium.

7. Adobe Stock

Jika Anda menggunakan aplikasi edit foto dari Adobe, menjual hasilnya ke Adobe Stock tampaknya menjadi pilihan yang baik. Pasalnya, kontributor dapat langsung mengupload hasil editan tersebut ke Adobe Stock secara instan.

Lebih rendah dari Alamy, ambang batas payout dari Adobe Stock adalah 25 dolar. Adobe memberikan royalti kompetitif untuk fotografer, yaitu sekitar 45% dari harga jual foto.

8. Etsy

Dengan menggunakan aplikasi jual foto Bahasa Indonesia Etsy, Anda bebas akses forum komunitas dan melakukan hal lainnya. Seperti menentukan harga jual untuk foto Anda sendiri dan menentukan lisensi fotonya.

Sayangnya, Etsy lebih mengarah pada platform ecommerce alih-alih platform yang khusus menyediakan foto berkualitas. Sehingga membutuhkan usaha khusus ketika Anda mau menjual gambar atau foto hasil karya ke Etsy.

9. FotoMoto

Beralih ke aplikasi jual foto penghasil uang dalam bentuk cetak. FotoMoto berada di urutan pertama daftar ini, mempunyai kelebihan berupa layanan print on demand yang praktis dan berkualitas. Tetapi untuk biaya layanan relatif tinggi jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Banyak fotografer yang sudah punya website sendiri, bergabung dengan FotoMoto untuk menjual versi cetak dari foto di websitenya tersebut. Bisa juga dengan memasang plugin maupun kode platform dari akun Anda, untuk Anda pasangkan ke website.

Hasil akhirnya, website Anda sudah terintegrasi dengan platform FotoMoto. Fitur ini cukup efektif karena pengguna yang berlangganan di website Anda, tidak hanya membeli foto digital, melainkan juga membeli hasil cetakan dengan kualitas premium.

Ditambah lagi Anda bisa memperoleh komisi dari hasil cetak di FotoMoto sekitar 10% s/d 22%.

10. Snapped4U

Snapped4U bukan platform stock photo secara umum, melainkan sebuah platform stock photo event khusus. Kontributor Snapped4U akan mendapatkan URL pribadi yang bisa Anda isi galeri foto event. Ini mirip seperti pameran digital, di mana pengunjung tidak perlu punya akun lebih dulu untuk memasuki ‘pameran foto digital’ Anda.

Kekurangannya adalah untuk menjadi kontributor di dalam Snapped4U, harus membayar biaya pendaftaran. Biaya ini semacam uang sewa tempat untuk mengadakan pameran foto. Pendaftaran sekitar 10 dolar (140 ribuan).

11. Snapwire

Snapwire adalah aplikasi jual foto Android dan iOS seperti sebuah pohon. Awal-awal masih tunas, namun ketika sudah besar, Anda akan memanen hasilnya yang sangat luar biasa. Semakin sering Anda memperoleh pesanan foto dari brand maupun perusahaan, maka level Anda di aplikasi jual foto penghasil uang Snapwire semakin naik.

Ketika level sudah tinggi, Anda tidak perlu mencari brand atau perusahaan. Malah sebaliknya, mereka yang mencari Anda untuk menyediakan foto. Kumpulkan poin, penuhi permintaan, dan jadilah aktif sebagai air agar pohon Anda semakin besar.

12. Scoopshot

Aplikasi jual foto penghasil uang berikutnya ada Scoopshot. Aplikasi ini bebas, sehingga kontributor dapat mengirim foto apapun dan mengubahnya menjadi uang atau komisi. Kontributor Scoopshot bisa menentukan harga per foto sendiri.

Sebagaimana Snapwire, sebaiknya Anda aktif karena selalu ada event dan tugas tiap harinya. Scoopshot memberikan tugas kepada kontributor untuk menyediakan foto (dengan permintaan khusus dari perusahaan).

Lebih jauh lagi, komisi yang Anda peroleh bukan hanya dari hasil penjualan, tetapi juga dari penggunaan foto di iklan. Sebagai contoh, sebuah brand menggunakan foto Anda di Scoopshot untuk advertising mereka. Anda juga memperoleh komisi dari hasil advertising tersebut.

Wah, ada banyak sekali pilihan untuk menghasilkan uang dari kegiatan fotografi. Itulah beberapa aplikasi jual foto penghasil uang yang terbukti membayar. Dari semua pilihan di atas, apakah Anda sudah menjadi kontributor dari salah satunya?