8 Cara Mengexport Gambar Coreldraw

Coreldraw menjadi aplikasi desain yang populer dan memiliki fasilitas banyak tools. Namun, bagi yang masih awam terkadang bingung fungsi tools tersebut dan cara menyimpan hasil karya. Nah, bagaimana cara mengexport gambar coreldraw? Berikut untuk kalian.

Mengekspor adalah kegiatan bagaimana cara menyimpan file objek desain ke dalam format lain agar dapat dibuka dengan berbagai aplikasi. Sistem export seperti menerjemahkan informasi dalam file Coreldraw ke bentuk  format yang dapat dibaca aplikasi lain.

Bagaimana Cara Mengexport Gambar Coreldraw?

Sekilas Tentang CorelDraw

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya coreldraw adalah jenis software apa?

Corel draw adalah perangkat lunak desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat gambar berbentuk dua dimensi. Aplikasi CorelDraw dirilis tanggal 16 Januari 1989 oleh pihak Corel Corporation, sehingga disebut juga sebagai Corel’s Graphic Suite.

Sebelum memasuki tahapan cara mengexport gambar coreldraw, kalian perlu tahu berbeda dengan program grafis raster yang membuat gambar piksel demi piksel, menentukan lokasi dan warna gambar titik demi titik.

CorelDraw adalah salah aplikasi pertama yang menawarkan fasilitas pengeditan grafis vector. Keunggulan grafis vektor mudah yakni disesuaikan tanpa kehilangan kualitas. Karena panjang garis, kurva, dan titik diskalakan secara proporsional sesuai dengan grid.

Kalian dapat memanfaatkan coreldraw untuk apa saja keperluan desain, seperti logo, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor berdasarkan garis. Saat ini CorelDraw sudah digunakan oleh pelajar, bahkan juga desainer grafis profesional, dan ilustrasi teknis.

Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Sebenarnya kalian bisa menyimpan coreldraw x7 menjadi jpg atau versi lain secara langsung. Namun, agar bisa dibuka dalam bentuk gambar utuh seperti keinginan susunan pada desain, kalian bisa menerapkan cara export gambar pada coreldraw.

Tapi bagaimana cara export corel ke jpg agar sesuai ukuran? Sangat mudah, serasa hanya menjalankan 3 poin. Bagi kalian yang masih kesulitan, silakan ikuti panduan cara mengekspor gambar corel draw berikut ini.

1. Melalui CorelDraw Secara Langsung

a. Buka File CorelDraw

Adapun langkah pertama cara export coreldraw sesuai ukuran kertas tentunya kalian harus membuka aplikasi CorelDraw. Apabila sudah, berikutnya carilah file desain coreldraw yang ingin diekspor, atau buat terlebih dahulu.

b. Tips Export

Langkah selanjutnya bagaimana cara mengexport gambar coreldraw kalian dapat memilih antara 2 cara mengexport gambar coreldraw, yaitu:

  • Bisa dengan cara klik pada tools “File”, yang terdapat di bagian pojok kiri atas. Lalu  scroll ke arah bawah, dan pilih menu “Eksport”.
  • Kedua, dengan tombol pada keyboard untuk mengexport gambar adalah menekan CTRL + E, lakukan secara bersamaan. Tombol tersebut, memiliki fungsi sama dengan menggunakan menu yang ada di tools file.

c. Simpan File

Tahapan berikutnya adalah proses menyimpan. Untuk proses penyimpanan sendiri, tidak jauh berbeda dengan proses penyimpanan file pada umumnya. Kalian dapat menentukan tempat atau folder, untuk menyimpan gambar CorelDraw yang akan diekspor.

d. Pilih Format Export

Disinilah bagaimana cara mengexport gambar coreldraw menentukan output akhirnya. Pada saat kalian akan menyimpan gambar CorelDraw yang tadi diekspor. Tepat pada bagian bawah, akan menemukan save as type.

Itu adalah fitur untuk mengganti format gambar yang bisa diubah-ubah setiap kali export. Terdapat banyak pilihan, seperti dengan cara menjadikan file corel ke jpg, atau dengan cara export corel ke png, bahkan dalam bentuk pdf.

Jika sudah menentukan, maka tahap terakhir, tekan saja pada tombol save as type. Yang artinya kalian akan menyimpan gambar file tersebut, sesuai format file yang sudah dipilih sebelumnya.

e. Beri Nama File

Tepat di atas kolom save as type, kalian akan menemukan kolom “File Name”. Pada kolom tersebut, kalian bisa menyimpan file gambar dari Coreldraw tersebut dengan memberi nama file sesuai kebutuhan.

Dalam hal ini, berikan nama yang tepat, serat mudah diingat sesuai dengan nama tugas atau nama gambar yang dibuat. Agar setelah proses bagaimana cara mengexport gambar coreldraw kalian tidak kesulitan untuk mencari file gambar tersebut.

f. Proses Eksport

Apabila sudah diletakkan pada folder yang diinginkan, nama file sudah diubah, berikut  dengan tipe gambar yang digunakan. Maka bagaimana cara mengexport gambar coreldraw selanjutnya? perhatikan kursor, arahkan ke bagian pojok kanan bawah layar.

Muncul 2 pilihan yakni eksport dan cancel, tekan pada tombol Eksport, yang artinya file yang kalian buat di Coreldraw, akan diekspor dan nantinya disimpan pada folder dengan nama yang dipilih pada awal, dan format sebelumnya.

g. Kualitas Eksport Gambar

Masuk ke tahap bagaimana cara mengexport gambar coreldraw berikutnya, sekarang kalian akan memperbaiki kualitas gambar yang disimpan atau diekspor.

Dengan cara menyimpan corel ke jpg, proses ini sangat penting. Masuk dan klik bagian Quality, apabila sudah, lakukan perubahan kualitas, sesuai dengan kebutuhan, bisa kalian custom Lowest, Low, Medium, High, atau Highest.

Akan lebih aman, jika memilih Highest. Keuntungannya dalam proses ekspor yakni gambar tidak akan pecah. Selain itu, kalian bisa mencentang opsi Maintain Size, dan juga Maintain Rasio.

Kemudian, dapat juga ubah settingan Resolution, menjadi resolusi yang paling tinggi. Tujuannya tidak lain, agar hasil gambarnya tidak pecah. Namun, kembali sesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan.

h. Finishing

Menurut kalian bagaimana cara mengexport gambar coreldraw? Tenang sudah tahap akhir. Apabila semua langkah sudah selesai dilakukan, termasuk proses perbaikan kualitas gambar, maka berikutnya kalian cek bagian pojok kanan bawah.

Kali ini langsung tekan tombol “OK”, dengan begitu artinya kualitas gambar yang sudah diekspor, sudah diperbaiki, sesuai dengan perintah sebelumnya, ternyata tidak terlalu sulit bukan? Sekarang kalian mendapat hasil export sesuai harapan.

Baca juga Cara Menghilangkan Warna Gambar di Coreldraw

2. Melalui Converter Macro

Metode kedua cara export gambar coreldraw adalah dengan memanfaatkan Converter Macro bawaan. Converter Macro merupakan program otomatisme tugas. Keuntungan Converter Macro, pengguna dapat mengonversi sekumpulan file tanpa membuka lewat CorelDRAW.

Program ini juga memungkinkan untuk mengkonversi beberapa format file dengan jenis non CorelDRAW. Bagaimana cara mengexport gambar coreldraw dengan Converter Macro, simak penjelasannya.

  • Langkah pertama cara export coreldraw agar tidak pecah menggunakan Converter Macro jalankan (Run Administrasi) program makro bawaan.
  • Klik pada opsi Alat, lanjutkan dengan tekan tombol Makro, lalu klil Jalankan Makro).
  • Jika aplikasi CorelDRAW kalian versi sebelum X4, caranya pilih menu Tools, kemudian Visual Basic, dan tekan pada tombol Play
  • Pilih makro “File Converter” yang terdapat dalam daftar “Macro in”, dan klik “Run”
  • Kemudian, pilih folder yang diinginkan, yakni file yang akan dikonversi. Pilih file lalu tambahkan ke daftar file yang dipilih. Lanjutkan dengan klik OK.
  • Atur folder tujuan untuk file yang akan dikonversi, serta jangan lupa isikan informasi lainnya, seperti dengan cara save coreldraw ke jpg, atau  save png di coreldraw.
  • Terakhir, langsung saja klik tombol OK.

Menu Dalam CorelDraw

bagaimana cara mengexport gambar coreldraw? Mari lihat terlebih dahulu beberapa fitur yang bisa digunakan pada aplikasi CorelDraw. Berikut ini adalah menu yang terdapat di aplikasi coreldraw, kecuali kalian sudah memahaminya, bagian ini bisa dilewatkan.

  • Menu bar, merupakan barisan yang menampilkan perintah untuk digunakan mengatur dan mengolah objek. Terdiri dari : File, View, Edit, Arrange, Layout, Text, Effects. Masing-masing bagian memiliki submenu dan perintah sesuai namanya.
  • Standar toolbar, adalah berbagai ikon yang mewakili perintah untuk pengolahan layar utama. Misal, kalian ingin membuat lembar kerja baru, membuka lembar kerja yang telah disimpan, atau mencetak lembar kerja.
  • Toolbox, kumpulan tombol yang berfungsi untuk membuat atau memodifikasi objek. Pada mode Secara default toolbox terletak disebelah kiri lembar kerja. Dengan fasilitas toolbox dapat memodifikasi objek atau memberikan efek tertentu.
  • Property bar, adalah baris yang sifatnya unik. Tampilannya akan berubah dan perintah di dalamnya akan menyesuaikan dengan ikon yang sedang aktif pada toolbox.

Misal, ikon pada toolbox yang aktif menunjukkan zoom tool, maka property bar akan menampilkan ikon yang berhubungan dengan zoom tool. Fungsinya mempercepat akses perintah yang berhubungan dengan tool aktif.

  • Menu Drawing Page, berbentuk kotak yang berfungsi menunjukkan  jenis kertas pada drawing window. Semua objek yang terletak dalam area ini akan dapat dicetak ke printer, sedangkan gambar yang melewati area tidak akan terbaca oleh printer.
  • Menu Control Window, yaitu tombol navigasi yang berfungsi  untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup window
  • Menu drawing Windows, daerah luar halaman yang berfungsi sebagai tempat menggambar atau mendesain gambar. Drawing window ditandai adanya penggulung layar atau scroll bar, application control, dan ruler line.
  • Menu Status Page, berfungsi untuk menunjukkan informasi tentang jumlah halaman yang digunakan.
  • Menu Status Bar, terletak di bawah jendela aplikasi, berfungsi untuk menunjukkan informasi tentang status objek seperti tipe, ukuran, warna, fill, dan resolusi.
  • Menu Scroll Bar, berfungsi untuk menggulung atau menggeser layar secara vertikal maupun horizontal. Scroll bar digunakan melihat keseluruhan objek atau gambar yang tidak terlihat sepenuhnya pada lembar kerja yang diperbesar tampilannya.
  • Menu color palette, tempat jajaran warna yang bisa digunakan untuk melakukan pewarnaan objek. Dalam mode default, Color Palette hanya menggunakan satu mode warna, yaitu antara CMYK/RGB.
  • Menu Ruller, fasilitas berupa petunjuk ukuran dari dokumen. Ruler dapat memudahkan kalian dalam mendesain suatu objek gambar dengan ukuran yang ingin di sama ratakan atau ukuran tertentu.

Kelebihan CorelDraw

Kualitas gambar pada corel draw tidak perlu diragukan, karena jika kalian paham bagaimana cara mengexport gambar coreldraw, di sana terdapat pilihan untuk mendapat hasil maksimal. Beberapa hal yang menjadi kelebihan CorelDraw adalah:

1. Hasil Gambar Berbasis Vektor

Secara definitif, vektor adalah kumpulan dari bentuk datar polygon yang dibentuk dengan perbandingan antara rasio gambar dan ukuran, sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa disebut sebagai desain gambar.

Pada proses bagaimana cara mengexport gambar coreldraw vektor memiliki kelebihan dibandingkan format konvensional Bitmap, yaitu hasil gambarnya tidak akan pecah saat diperbesar, karena format vektor memiliki perbandingan rasio relatif terhadap rasio dasarnya.

Bagaimana cara mengexport gambar coreldraw berbeda dengan format Bitmap yang konvensional untuk gambar pada sistem operasi Windows, ketika gambar bitmap diperbesar maka biasanya gambar akan pecah.

Hal demikian terjadi karena format Bitmap tidak menerapkan perbandingan ratio, serta masih menggunakan satuan titik pixel. Karena itu, ketika diperbesar, satuan pixel akan ikut berubah, itulah yang menjadikan gambarnya menjadi blur.

2. Dukungan Format Import / Export

Dukungan format file untuk keperluan export gambar CorelDRAW/import ini sangat penting guna portabilitas suatu aplikasi dapat dibuka pada jenis aplikasi lain yang sama kompatibel. Coreldraw menyediakan cukup banyak format keperluan export / import, diantaranya:

  • AI – Adobe Illustrator, 
  • DWG – AutoCAD, 
  • PDF – Adobe Portable Document Format, 
  • PSD – Adobe Photoshop,  
  • TIF – TIFF Bitmap
  • GIF – CompuServe Bitmap
  • IMG – GEM Paint File
  • JPG – JPEG Bitmap
  • DOC – MS Word for Windows 6/7, dll.

3. Kemudahan Penggunaan

Coreldraw tergolong sebuah aplikasi yang user friendly, karena mudah digunakan baik oleh profesional maupun oleh seorang pemula sekalipun. Alasan utamanya mengingat adanya fitur help, dan bantuan online yang melimpah.

Serta menu dan toolbar yang familiar, bahkan bagaimana cara mengexport gambar coreldraw sangat mudah dipelajari, sehingga para pemula tak perlu kuatir kesulitan memahami kegunaan setiap item pengoperasian software Coreldraw.

4. Tersedianya Banyak Tools

CorelDraw menyediakan berbagai tools layaknya selection, select one, editing, hingga pemberian efek. Ini tentunya mempermudah proses pengoperasiaan yang mampu menghasilkan gambar menarik di CorelDraw.

Yang menjadi daya tarik tersendiri adalah semakin banyak menu pada item yang disediakan dalam software, hal itu menandakan bahwa banyak yang bisa dikerjakan software tersebut, dan ini merupakan daya tarik tersendiri dari software CorelDraw.

5. Menjadi Standar Industri dan Perusahaan

Aplikasi CorelDraw saat ini sudah menjadi salah satu aplikasi standar dalam berbagai keperluan pengerjaan desain di  berbagai perusahaan. Lembaga kursus juga sudah banyak yang memberi tugas mengexport gambar di aplikasi coreldraw sebagai materi studinya.

Cara Aktivasi CorelDraw

Ketika kalian berniat mengetahui bagaimana cara mengexport gambar coreldraw artinya lebih dulu perlu mengetahui proses aktivasi aplikasi CorelDraw sendiri. Berikut tahapan aktivasi CorelDraw.

  • Pastikan kalian sudah mengunduh software CorelDraw versi X4 atau yang lainnya, tentu lengkap bersama keygennya.
  • Agar proses aktivasi berjalan sukses, silakan matikan koneksi internet serta firewall antivirus.
  • Kemudian, ekstrak zip dan jalankan installer.
  • Pilih pada opsi I agree to the license agreement and the terms of service, lalu klik saja Accept.
  • Buka software Keygen yang telah diunduh secara bersamaan tadi, ubah Select a Product menjadi CorelDraw Graphics Suite (sesuai versi). Selanjutnya, klik Generate Serial Number.
  • Semestinya akan muncul hasil generate, copy serial number dan paste langsung pada kolom serial number installer yang sedang berjalan.
  • Pada Installation Options klik Typical.
  • Tunggu beberapa waktu hingga proses instalasi benar-benar selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, klik Skip dan Finish.
  • Untuk berjaga-jaga gunakan CorelDraw kalian dalam kondisi internet tidak tersambung, kecuali jika keygen kalian merupakan pembelian resmi dari pihak Corel Corporation.

Tips Menggunakan Aplikasi CorelDRAW

  • Untuk menghindari hal buruk terlebih dahulu klik File > Simpan (beri nama file) kemudian seringlah tekan Ctrl + S untuk menyimpan setelah setiap interval.
  • Bermain dengan Blends, fitur ini digunakan untuk mengubah satu objek menjadi objek lain dengan perkembangan bentuk dan warna.
  • Menggunakan Lensa Gaussian Blur efek khusus yang membuat gambar menjadi kabur tanpa mempengaruhi kualitas gambar.

Penutup

Demikian penjelasan bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw. Pastikan lakukan sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!