Cara Update Dan Flash Samsung Galaxy A42

Gusjigang.net | Apakah, Handphone anda Bootlop, Atau anda ingin Update OS ? Nah, Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Update dan flash Samsung Galaxy A42.

Berbicara tetang Samsung Galaxy A42, Ini merupakan Hp Ala Flagship dari Produsen Samsung yang di luncurkan baru-baru ini Dengan desain bodi yang cantik dan elegan. tak hanya itu Samsung Galaxy A42 juga memiliki Spesifikasi yang tidak kalah dengan pesaing Sekelasnya.

Samsung Galaxy A42 juga Merupakan Salah satu Hp yang Memiliki performa yang tinggi dan Cocok untuk di gunakan untuk Aktivitas gaming. ini merupakan Hp pilihan yang paling tepat untuk kalangan anak muda karena memiliki Desain Cantik dan warna yang kekinian. Hp ini Juga memiliki kelebihan Lainnya salah satunya pada segi Kualitas dan Keamaan Firmware terbaik di antara Android lainnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A42

Samsung Galaxy A42 diluncurkan pada 2020. Ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh 6.6 inches dengan resolusi 720 x 1600 pixels, dengan Rasio 20:9 (~266 ppi density) dan pelindung Corning Gorilla Glass. Samsung Galaxy A42 ditenagai oleh prosesor Qualcomm SM7225 Snapdragon 750 5G (8 nm) dengan kecepatan Cpu Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) dan mengguakan GPU Adreno 619, Serta dukungan internal sebesar 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM

Untuk urusan kamera, Samsung Galaxy A42 memiliki Quad kamera di bagian belakang dengan resolusi 48+8+5+5Mp dan single 20mp di bagian depan. Samsung Galaxy A42 menjalankan Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1 dan ditenagai oleh Baterai Li-Po sebesar 5000 mAh dengan dukungan Fast charging 15W.

Samsung Galaxy A42 memiliki Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan di sertakan juga konektivitas seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, 3G dan 4G (dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE di Indonesia). untuk bagian sensor ponsel memiliki berbagai sensor seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass.

Nah Pada postingan ini Saya akan membagikan tutroial secara lengkap mengenai cara flash Samsung Galaxy A42, tutorial ini bisa membabtu anda untuk memperbaiki kerusakan Software seperti Bootloop / Unbrick / Stuck Logo dan kerusakan Lainnya. Termasuk juga untuk melakukan upgrade Android.

Flashing Merupakan salah satu cara Untuk mengatasi Hp anda Ketika matot, Bootloop, Lag, Atau lambat akibat Terkena Virus dan kerusakan lainnya pada Firmware Hp.

Kasus Bootlop atau Stuck logo, restart sendiri, susah factory reset, lupa pola, pin, Password, aplikasi error, gagal root, dan matot Biasanya sering sekali terjadi pada ponsel android. Dan pada umum nya Kasus Ini bisa di perbaiki Dengan Cara Flashing Firmware menggunakan PC dan aplikasi pendukungnya.

Selain itu Jika kerusakan pada Firmware pada hp yang Di sebabkan Seperti dibatas. Tentunya Kerusakan seperti ini bisa di perbaiki Dengan Cara Flash Samsung Galaxy A42 anda. Tetapi Jika Hp anda sudah di flash tapi Masih mengalami kasus yang sama, Seperti bootlop Atau Matot dll. kerusakan Ini Biasanya terjadi pada hardware Hp anda. Seperti IC EMMC, dll.

Salah satu Kelebihan melakukan flashing pada ponsel Samsung Galaxy A42 juga Bisa mengatasi berbagai masalah kerusakan yang terjadi pada Firmware adalah sebagai berikut:

  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Lupa Password
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Lupa Pola
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Bootloop
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Softbrick
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Touch screen tidak sensitive.
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Lemot / Hang
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Terserang virus malware
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Unfortunately messages has stopped.
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Sayangnya aplikasi telah berhenti
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 restart sendiri
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 System Error
  • Cara mengatasi Samsung Galaxy A42 Sinyal hilang.
  • Cara Upgrade Samsung Galaxy A42
  • Cara Downgrade Samsung Galaxy A42
  • Dan error lainnya

Persyaratan

  • Cadangkan semua data penting Anda dari ponsel ke PC.
  • Proses ini mungkin menghapus seluruh perangkat Anda termasuk penyimpanan internal.
  • Di pastikan Anda Ponsel yang anda gunakan Galaxy A42.
  • Pastikan Batarai anda memiliki setidaknya 60% Untuk menghindari bootloop / mati selama proses tersebut.
  • Pastikan Anda menginstal driver USB Samsung pada PC Anda.
  • Anda juga perlu mengunduh paket zip Odin 3.13.1 dan mengekstraknya di PC.

Download Firmware Samsung Galaxy A42

NamaVersiDownload Link
Samsung Galaxy A42(SM-A426B)Links

Cara Flash Samsung Galaxy A42 Via Odin

LANGKAH 1. Download Semua file yang di sediakan di atas. Kemudian ektrak firmware yang di download tadi. Setelah Frimware Sudah di ekstrak, Anda akan menemukan 4 file yaitu AP, BL, CP, CSC. 

LANGKAH 2. Unzip Atau Ekstrak Tools Odin Yang disediakan di atas kemudian buka folder yang diekstrak dan jalankan Odin3_vx.x.x.exe

20191014 085242

LANGKAH 3. Sekarang reboot Samsung Galaxy A42 Anda ke Download mode dengan cara matikan terlebih dahulu ponsel Samsung Galaxy A42 anda kemudian tekan dan tahan Volume Down + Volume Up  secara bersamaan

LANGKAH 5. Kemudian Hubungkan Samsung Galaxy A42 Anda ke PC menggunakan kabel USB yang kompatibel, untuk mem-boot Ke Download mode.

LANGKAH 4. Setelah masuk ponsel Anda menampilkan peringatan, lepaskan semua Tombol dan Tekan Tombol Volume Up untuk masuk ke “Download Mode

20191014 090653

LANGKAH 6. Jika berhasil Koneksikan ponsel Samsung Samsung Galaxy A42 anda ke dalam PC Odin akan mengenali ponsel anda, dan dii bagian  ID:COM Port akan menjadi biru dan ada tulisan Added!! di kotak pesan di Odin. Ini menunjukkan bahwa Odin telah mendeteksi ponsel Anda.

IMG 20191014 093845

LANGKAH 7. Sekarang klik tab Options di Odin dan Pastikan bagian “Auto Reboot” dan “F Reset Time” yang tercentang

IMG 20191117 153800

LANGKAH 8. Kemudian jika sudah yakin ponsel terdeteksi, Klik pada bagaian BL pada Odin dan cari file firmware yang memiliki nama Awalan BL_XXXX yang diekstrak tadi. Demikian pula, klik pada AP, CP dan CSC. Kemudian Isi file firmware dengan inisial APCP, dan CSC kemudian tambahkan.

IMG 20191117 153846

LANGKAH 9. Terakhir, Jika sudah yakin dengan semua hal diatas, Kemudian klik “Start” untuk memulai proses flash Firmware Samsung Galaxy A42 anda

Tunggu beberapa detik untuk flashing Firmwares ponsel Anda dan ketika Sudah selesai Odin akan menampilkan pesan PASS!.

20191014 073612

Sekarang perangkat Samsung Galaxy A42 akan reboot secara otomatis

Nah, itulah Cara Cara Flash Samsung Galaxy A42, sekian artikel kali ini Jika ada masalah apa pun selama prosedur flashing di atas, berikan komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan komentar