Cara Menggunakan Kamera HDR+ yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan teknologi memungkinkan orang-orang bisa mengambil gambar dengan lebih mudah. Pasalnya kini sudah banyak jenis HP yang dibekali dengan berbagai jenis kamera berkualitas tinggi. Salah satunya termasuk dengan fitur HDR+. Lalu, bagaimanakah cara menggunakan kamera HDR+ pada ponsel tersebut?

Sekarang ini, setiap kamera hp umumnya dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Tujuan dari pembekalan ini adalah untuk memberikan kualitas dan pengalaman fotografi yang lebih maksimal bagi para penggunanya.

Apa Itu Kamera Berteknologi HDR?

Kamera HDR

Sebelum mengulas secara lebih jauh terkait dengan cara penggunaan kamera HDR, terlebih dahulu perlu diulas tentang apa itu kamera teknologi HDR. Tujuannya adalah agar Anda bisa memiliki pemahaman yang lebih optimal terkait dengan teknologi kamera yang satu ini.

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range yang merupakan fitur untuk bisa menyeimbangkan tingkat cahaya pada suatu gambar. Teknik HDR umumnya digunakan pada saat muncul eksposur yang berbeda pada single frame.

Prinsip kerja dari kamera HDR ini adalah menghasilkan tiga jenis foto secara sekaligus dalam satu kali jepretan. Masing-masing gambar foto akan memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Satu gambar akan memiliki kecerahan yang normal, agak cerah, dan satu gambar berkualitas agak gelap.

Nantinya foto tersebut akan digabungkan menjadi sebuah gambar dalam satu frame. Gambar foto yang terang akan digunakan untuk membuat fokus pada objek. Sedangkan foto yang akan gelap akan digunakan sebagai latar belakang. Imbasnya, hasil jepretan kamera HDR pun akan mempunyai rentang kecerahan dinamis yang cukup tinggi.

Cara Menggunakan Kamera HDR+ yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui apa itu kamera berteknologi HDR, kini Anda pun perlu mengetahui cara penggunaan fitur pada kamera tersebut. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengambil gambar berkualitas terbaik meski dalam mode pencahayaan yang sedikit agak kurang.

Saat ini hampir semua produsen kamera sudah menyematkan fitur HDR pada ponsel pintar  yang mereka besut. Namun, untuk fitur HDR+ belum banyak produsen smartphone yang menyematkan fitur ini pada produk-produk mereka.

1. Cara Menggunakan Kamera HDR+ di Android

Cara Menggunakan Kamera HDR+
Cara Menggunakan Kamera HDR+

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan saat ingin memakai fitur HDR+ di ponsel.

  • Langkah pertama silakan Anda membuka menu Kamera yang ada di ponsel pintar tersebut.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu mencari fitur HDR+ atau fitur HDR pada perangkat smartphone tersebut.
  • Kalau sudah ketemu, silakan Anda bisa ketuk pada layar tersebut untuk mengaktifkan fitur kamera HDR tersebut.
  • Selanjutnya, Anda bisa kembali ke halaman aplikasi Kamera di ponsel tersebut. Nantinya mode fitur HDR atau HDR+ pun akan bisa aktif secara otomatis pada kamera tersebut.

Setelah fitur tersebut aktif, maka Anda pun bisa mengambil gambar dengan teknik HDR secara lebih praktis dan mudah.

Baca juga Keunggulan Google Pixel

2. Kapan Harus Menggunakan Fitur HDR atau HDR+? 

Fitur HDR atau HDR+
Fitur HDR atau HDR+

Setelah mengetahui penjelasan dan cara penggunaan dari kamera teknologi HDR, mungkin Anda juga bertanya-tanya mengenai kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fitur ini. Sebagai informasi, berikut adalah waktu yang tepat untuk menggunakan kamera berfitur HDR+.

  • Anda bisa menggunakan fitur HDR saat ingin mengambil foto dengan mode lanskap.
  • Saat Anda ingin memotret objek pada lingkungan dengan pencahayaan yang terlalu terang.
  • Jika Anda ingin mengambil foto dari suatu objek pada lingkungan yang minim cahaya sehingga bisa memicu terjadinya backlight.
Cara Menggunakan Kamera HDR+

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menggunakan kamera HDR+  yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan saat ingin memanfaatkan fitur HDR pada ponsel smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.