6 Langkah Cara Export Corel ke PDF yang Mudah dan Praktis

Menggunakan aplikasi Corel Draw tentu sudah bukan hal asing lagi bagi kita, terutama yang memiliki pekerjaan dibidang desain dan grafis. Namun, tahukah kamu jika file pekerjaanmu bisa juga disimpan dalam bentuk pdf? Simak penjelasan cara export corel ke pdf di bawah.

export corel ke pdf

Cara Export Corel ke Pdf

Menyimpan file dengan format pdf memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah memudahkan kita dalam mentransfer atau mengirim file agar file tidak rusak dan tetap utuh.

Tidak heran berbagai perangkat lunak atau aplikasi seperti Microsoft office menyediakan fitur penyimpanan dalam bentuk pdf. Begitu pula dengan aplikasi Corel Draw.

Berikut ini adalah cara export corel ke pdf agar warna tidak berubah tanpa menggunakan aplikasi pembantu atau website converter.

1. Buka File Corel

Langkah awal yaitu kamu harus membuka file corelmu di aplikasi Corel Draw. Pastikan file tersebut sudah kamu kerjakan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan, ketika filemu di export ke dalam format pdf, maka kamu sudah tidak dapat merevisi atau mengeditnya lagi.

Baca juga Cara Memotong Gambar Pada Corel Draw X7 dengan Mudah

2. Pilih Menu File

Langkah selanjutnya adalah kamu harus pilih dan klik menu file, yang terletak di bagian pojok kiri atas tampilan layar.

3. Pilih Submenu Export

Setelah kamu klik menu file, kamu akan diperlihatkan berbagai submenu. Untuk meng-export file pekerjaanmu, kamu harus memilih submenu export dan kemudian klik kiri satu kali.

Atau kamu dapat menggunakan cara lain yang lebih simpel dan mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memencet Ctrl + E pada keyboard secara bersamaan untuk membuka jendela submenu export.

4. Pilih Format Penyimpanan “pdf”

Setelah mengklik submenu export, maka akan muncul jendela dialog export. Kamu dapat menuliskan nama file yang kamu inginkan pada kotak perintah “file name”.

Kemudian, untuk meng-export filemu ke dalam bentuk pdf, maka kamu harus memilih format penyimpan “pdf” pada kotak perintah “Save as type”.

Pastikan nama dan tipe format penyimpanan yang kamu inginkan sudah benar, maka kamu tinggal meng-klik pilihan export pada bagian kanan bawah jendela dialog.

5. Pengaturan Format

Langkah terakhir cara export corel draw semua page adalah dengan melakukan pengaturan format file pdf.

Setelah kamu meng-klik export, maka akan muncul jendela dialog pengaturan format pdf, pengaturan ini berfungsi untuk mengatur bentukan file pdf-mu.

Namun, jika kamu tidak menginginkan perubahan apapun, kamu cukup mengatur pada opsi general, dengan memilih export range yang kamu inginkan.

Pilih Current document jika kamu ingin meng-export file atau dokumenmu yang secara keseluruhan. Kamu dapat memilih opsi page jika hanya ingin meng-export halaman tertentu. Lalu tuliskan nomor halaman yang ingin kamu export di dalam text box.

Langkah terakhir adalah mengklik tombol “OK” dan file corelmu sudah berubah ke dalam format pdf.

Baca juga Cara Menghilangkan Warna Gambar di Coreldraw

6. Buka file pdf

Langkah ini adalah opsional, untuk memastikan file pekerjaanmu dalam kondisi baik dan tidak rusak, kamu dapat mengeceknya lagi dengan membuka file pdf hasil export tadi.

Penggunaan cara export corel ke pdf yang satu ini memang sangat efektif dan praktis digunakan, ketimbang harus mengubahnya dengan menggunakan aplikasi pembantu atau melalui website konverter yang tentunya akan memakan waktu lebih lama.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara export corel agar tidak terpotong dengan menggunakan fitur export di aplikasi Corel Draw. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Baca juga 3 Langkah Cara Convert CDR ke PSD Dengan Mudah dan Cepat