Pembahasan Lengkap Gcam Poco F3 Beserta Cara Instal

Ponsel hasil rilisan China yaitu Poco F3 saat ini telah dibekali 3 modul kamera belakang sekaligus, dengan ukuran yang berbeda yaitu 5 MP (macro), 8 MP (ultra wide), 20 MP (wide), hingga 48 MP (wide) dengan dukungan fitur HDR panorama. Namun dengan berbekal kamera yang sudah cukup bagus tersebut, namun sejumlah orang kurang puas dengan hasil jepretan dan akhirnya melakukan instal Gcam Poco F3.

Seperti yang Anda ketahui bahwa Gcam atau Google Camera merupakan aplikasi kamera terbaik saat ini, karena mampu menangkap dan menghasilkan gambar dengan kualitas HDR+ dan presisi yang maksimal. Namun sebenarnya aplikasi ini hanya disediakan untuk seri ponsel Nexus dan Google pixel, sehingga tidak terdapat di Playstore. Tapi Anda masih bisa mendapatkan aplikasi Gcam hasil modifikasi yang bisa dipasang di semua jenis ponsel android, yuk simak ulasan selengkapnya!

Beberapa Hal Mengenai Gcam Poco F3 

Agar Anda mengetahui tentang beberapa hal mengenai Gcam Poco F3 beserta cara instalnya dan komponennya, yuk simak ulasan berikut ini!

Aplikasi Gcam Untuk Poco F3

Aplikasi Gcam Untuk Poco F3
Aplikasi Gcam Untuk Poco F3

Sebenarnya smartphone Poco dengan tipe F3 ini sudah membekali dukungan tiga modul kamera belakang dengan resolusi 48MP, 8MP, 5MP, dan kamera depan 20MP serta juga dilengkapi dengan fitur HDR maupun panorama. Tentunya hasil foto yang dihasilkan dari ponsel tersebut sudah bagus, namun masih terdapat beberapa pengguna yang kurang puas dengan hasil kamera ponsel tersebut.

Oleh karena itu mengapa mereka masih menggunakan kamera tambahan yang berupa aplikasi Gcam untuk tipe ponsel Poco F3 agar bisa menghasilkan foto yang lebih menarik seperti kamera. Karena banyak pengguna yang mempercayai bahwa menggunakan aplikasi Gcam untuk Poco F3 ini memiliki banyak keuntungan mulai dari mode malam yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan saturasi maupun cahaya yang presisi. Sehingga meski pada malam hari dengan pencahayaan yang minim maka  foto yang dihasilkan menggunakan Gcam akan lebih terang dan detail. Berbicara soal Poco F3, yuk simak juga Fitur Kamera Poco F3 dengan lengkap!

Download Gcam Untuk Poco F3 APK

Bagi Anda yang sedang membutuhkan dan mencari Google Camera yang cocok untuk smartphone Poco F3 Anda, maka pada umumnya versi yang cocok digunakan adalah Gcam Poco F3 versi 8. Alasannya adalah karena versi ini akan sangat cocok digunakan untuk smartphone Poco F3 Anda yang bekerja pada sistem android dengan versi 11 atau versi android terbaru, dan untuk mengunduh aplikasi Gcam modifikasi tersebut bisa melalui berbagai web atau link dibawah ini

MGC_8.1.101_A9_GV1zfix (BSG, 2021-11-21, configs)

Baca juga Kumpulan Google Camera / Gcam Poco X3 Pro

Cara Install Gcam Untuk Poco F3

Cara Install Gcam Untuk Poco F3
Cara Install Gcam Untuk Poco F3

Setelah Anda mengklik salah satu link yang cocok dengan ponsel Anda maka langkah selanjutnya tinggal melakukan penginstalan, berikut langkah – langkahnya.

  • Pada tahap pertama sebaiknya Anda harus memastikan lebih dulu pada saat melakukan download aplikasi Gcam untuk Poco F3 dengan menggunakan beberapa link yang sudah tersedia di berbagai website.
  • Pada tahap kedua, Anda harus mencari hasil unduhan aplikasi Gcam dan setelah sudah menemukan Anda tinggal melakukan penginstalan aplikasi Gcam untuk Poco F3 tersebut di ponsel Anda.
  • Kemudian pada tahap ketiga akan terdapat pop up yang muncul dengan keterangan mengenai perizinan pemasangan sumber yang tidak dikenal, untuk itu jangan sampai Anda mengabaikan hal tersebut karena notifikasi tersebut termasuk hal yang krusial.
  • Selanjutnya akan berlanjut pada tahap keempat, dimana Anda bisa ketuk klik izinkan pada saat pop up muncul yang berisi perizinan pemasangan sumber yang tidak dikenal. Karena hal tersebut bertujuan agar proses instal aplikasi Gcam bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu hambatan yang berasal dari ponsel Anda sendiri.
  • Setelah itu pada proses keenam Anda tinggal menunggu proses penginstalan hingga selesai, dan setelah selesai Anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut lalu juga bisa memanfaatkan beberapa fitur yang sudah disediakan oleh aplikasi Gcam Poco F3.

Cara Pasang Config Gcam Untuk Poco F3

Setelah berhasil melakukan proses penginstalan aplikasi Gcam untuk ponsel Poco F3 maka akan dilanjutkan dengan proses pemasangan config. Pada tahapan ini Anda sebagai pengguna perlu memperhatikan proses pemasangan yang tepat agar bisa digunakan dengan baik,berikut langkah – langkah nya.

  • Proses pertama Anda bisa mengunduh beberapa config Gcam untuk Poco F3 yang sudah tersedia pada berbagai website di Google, nah disitulah Anda bisa memilih link sesuai dengan Gcam versi ponsel Anda.
  • Setelah itu Anda bisa lakukan unduh maka langsung bisa masuk dalam file manager dan membuat folder dengan memberi nama Gcam dan pilihlah penyimpanan dalam folder penyimpanan internal.
  • Kemudian untuk proses selanjutnya bukalah folder Gcam tersebut dan buatlah folder lagi di dalam folder tersebut dengan memberikan nama “config 7”.
  • Lalu setelah berhasil membuat folder baru tersebut maka Anda bisa langsung memindahkan folder ke config 7.
  • Proses selanjutnya Anda bisa langsung membuka aplikasi Gcam dan bisa memberikan dua ketukan pada bagian hitam di bagian kamera.
  • Setelah itu pilihlah config yang sudah Anda simpan di penyimpanan internal dan lakukan restore lalu tunggulah proses restore hingga selesai dan Anda bisa langsung menggunakan aplikasi Gcam Poco F3. Lalu Anda bisa menggunakan dan bandingkan hasil foto menggunakan kamera bawaan biasa dengan hasil foto yang menggunakan kamera Gcam.

Gcam Nikita

Gcam Nikita juga menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk seseorang yang hobi fotografi di ponsel, dimana aplikasi modifikasi ini bisa dipasang di seluruh jenis smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, hingga Vivo. Selain itu aplikasi Gcam yang telah dimodifikasi ini sangat populer digunakan untuk kalangan pecinta fotografi ponsel untuk menangkap gambar dengan kualitas HDR+ dengan presisi yang maksimal. 

Sehingga semua pengguna jenis smartphone bisa memasang  dan menjalankan aplikasi yang bisa diunduh melalui web dengan baik dalam ponsel dengan semua fitur dan kelebihannya. Apalagi  saat ini banyak sekali para developer yang telah mengembangkan aplikasi Gcam modifikasi agar bisa dipakai di jenis ponsel lain, salah satu developer tersebut bernama Nikita.

Menariknya aplikasi Gcam besutan Nikita ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang sudah terupdate dengan Gcam aslinya.  Sehingga semua jenis pengguna ponsel bisa menikmati fitur yang dihadirkan,  kemudian  untuk mengunduhnya pun sangat mudah bisa, dimana Anda bisa menemukan aplikasi Gcam Poco F3 pada suatu website yang menyediakan Gcam Nikita Apk.

Cara Pemasangan Apk Gcam Nikita

Berikut adalah langkah – langkah yang harus dilalui dalam melakukan pemasangan Gcam Nikita APK di ponsel android Anda, ikuti langkah – langkahnya.

  • Langkah pertama Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Gcam Nikita di ponsel Anda.
  • Setelah itu pilih dan download file Config sesuai dengan ponsel yang Anda pakai, seperti Gcam untuk smartphone Poco F3.
  • Langkah selanjutnya buka aplikasi Gcam Nikita APK dan tap tombol V lalu pilih opsi Setting, kemudian pilih opsi konfigurasi dan tap save.
  • Lalu jangan lupa untuk ekstrak config yang sudah Anda download sebelumnya, kemudian masuk ke pengaturan lalu masuk ke penyimpanan Internal dan pilih opsi Gcam lalu Config 7 dan paste disana.

Fitur & Keunggulan Apk Gcam Nikita

Cara Pemasangan Apk Gcam Nikita
Cara Pemasangan Apk Gcam Nikita

Selain itu aplikasi Gcam Nikita juga memiliki berbagai fitur dan keunggulan yang menarik saat digunakan, diantaranya seperti.

  • Fitur Photo Sphere, dimana fitur ini memiliki fungsi untuk mengambil gambar dengan sudut hingga 360 derajat.
  • Fitur Panorama, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mengambil gambar dalam posisi horizontal ataupun vertikal panjang dengan kualitas HD.
  • Fitur Lens Blur, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mengaplikasikan efek blur baik pada Foreground ataupun Background gambar yang akan ditangkap kamera.
  • Fitur Kualitas Foto HDR+ dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mengambil gambar dengan kualitas HDR+ sehingga foto yang diambil memiliki spektrum warna yang lebih jelas dan tajam. Tentang HDR+, baca juga : Cara Menggunakan Kamera HDR+  agar makin canggih dalam memotret objek.

Apa Itu Config Gcam Beserta Cara Pemasangannya

Config Gcam Beserta Cara Pemasangannya
Config Gcam Beserta Cara Pemasangannya

Menariknya dari berbagai versi Google Camera dari para pengguna bisa saling berbagi config terbaik Gcam mereka dengan cara mengekspor atau impor file ke dalam konfigurasi secara manual. Hal tersebut berarti bahwa Config  file atau Konfigurasi file merupakan file tambahan yang memiliki format .xml yang telah dipasang di penyimpanan internal ponsel.

Jadi fungsi config file tersebut adalah untuk mengunggah settingan kamera ke dalam aplikasi Gcam, nah berikut adalah  cara memasang file config Gcam yang benar di ponsel Anda seperti pada Gcam Poco F3.

  • Perlu Anda ketahui bahwa sebelum memasang file config Gcam maka Anda harus menginstal aplikasi Gcam terlebih dahulu lalu mengunduh file config yang berformat .xml atau bisa menyiapkan file config sendiri dari berbagai sumber.
  • Kemudian pada langkah selanjutnya Anda bisa membuat folder baru dengan nama Gcam dimana nantinya Anda bisa menempatkan folder tersebut dalam file internal storage tepatnya selevel dengan folder download, DCIM dan lainnya.
  • Setelah itu dalam folder Gcam tersebut buatlah folder baru lagi bernama config s7, jadi angka configs tersebut bisa disesuaikan dengan versi Gcam yang Anda unduh sebelumnya.
  • Pada langkah selanjutnya setelah folder baru sudah siap maka Anda bisa cut atau copy file config yang telah Anda siapkan lalu langsung tempel atau paste ke dalam folder baru yang telah dibuat tepatnya di dalam folder config s7 tersebut.
  • Kemudian Anda bisa melakukan restore file config tersebut dengan cara buka aplikasi Gcam Dan lakukan tap dua kali di bagian yang berwarna hitam di sebelah tombol shutter hingga muncul notifikasi Choose config.
  • Berikutnya Anda bisa memilih file config yang diinginkan dan klik Restore untuk mengaplikasikan file config yang sudah Anda pilih.
  • Lalu pada langkah terakhir aplikasi Gcam tersebut akan restart dengan sendirinya dan semua settingan kamera akan secara otomatis berubah sesuai dengan file config yang Anda pilih dan Gcam sudah siap digunakan untuk terutama untuk Gcam Poco F3 dengan hasil yang keren.

Nah apabila Gcam Eror, kamu bisa baca artikel kami ya : Cara Atasi Gcam Eror

Fungsi Memasang Gcam Pada Smartphone

Fungsi Memasang Gcam Pada Smartphone
Fungsi Memasang Gcam Pada Smartphone

Adanya perkembangan teknologi dari tahun ke tahun sehingga bisa membuat aplikasi Google Camera akhirnya bisa menjadi salah satu software utama di dalam smartphone keluaran Google, yaitu Google Pixel series. Berbicara soal Google Pixel, yuk simak Keunggulan Google Pixel

Tidak hanya itu Gcam sendiri yang seiring dengan perkembangan aplikasinya juga memuat beberapa fitur yang tak kalah menarik untuk dipasang dalam smartphone Anda.

Oleh karena itu Anda juga perlu mengetahui sebelum pemasangan aplikasi Gcam, kira – kira apa saja fungsi yang dihasilkan dari berbagai fitur yang terdapat dalam aplikas Gcam tersebut.

Fitur Night Sight  –   Untuk Mengambil Foto di Malam Hari Tanpa Flash

Fitur Night Sight
Fitur Night Sight

Dengan adanya fitur Night sight dalam aplikasi Gcam maka mampu membuat kamera ponsel Anda menangkap objek lebih banyak secara detail di saat malam hari atau tempat gelap dengan pencahayaan rendah tanpa menggunakan bantuan flash. Bahkan berdasarkan hasil komparasi telah menyebutkan bahwa dengan penggunaan fitur ini maka kualitas gambar yang dihasilkan mampu mengalahkan kualitas gambar pada beberapa tipe kamera iPhone.

Hal tersebut dikarenakan adanya dukungan teknologi Machine Learning yang telah disematkan oleh pihak Google pada aplikasi ini dengan mengkalkulasi warna berdasarkan konten visual yang telah tertangkap kamera.

Fitur Photobooth –  Untuk Menangkap Gambar Secara Otomatis

Fitur Photobooth
Fitur Photobooth

Selanjutnya terdapat fitur Photobooth dimana berfungsi untuk memotret beberapa tangkapan pose gambar secara otomatis diantaranya seperti momen tersenyum, mengerlingkan mata, dan berbagai aktivitas lainnya pada saat photobooth. Jadi fitur ini akan berkinerja secara kontinyu dalam mengambil gambar dalam setiap momen yang tepat dan cepat secara otomatis.

Fitur Super Rez Zoom – Untuk Menangkap Objek Dengan Ekstra Detail

Fitur Super Rez Zoom
Fitur Super Rez Zoom

Selain itu Anda juga bisa mencoba aplikasi dalam Gcam Poco F3 dengan fitur Super Rez Zoom, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk menangkap objek dengan ekstra super detail pada saat melakukan zooming dengan memanfaatkan getaran tangan. Karena fitur Super Rez Zoom ini merupakan hasil dari pengoptimalan teknologi Machine Learning yang telah diterapkan oleh aplikasi Gcam tersebut.

Fitur Group Selfie – Untuk Menangkap Gambar yang Lebih Luas

Fitur Group Selfie
Fitur Group Selfie

Tidak hanya itu saja namun juga terdapat fitur Group selfie, dimana aplikasi Gcam telah menggunakan sensor Wide – lens dalam fitur Group selfie ini sehingga pengguna bisa menangkap sudut gambar yang lebih luas secara 184% dari aplikasi kamera lainnya. Jadi jika Anda yang gemar berfoto selfie beramai – ramai atau wefie maka fitur dalam aplikasi Gcam ini cocok digunakan untuk ponsel Anda.

Fitur Potrait Mode – Untuk Memfokuskan Objek Tertentu

Fitur yang tidak kalah menarik lainnya adalah fitur Portrait mode yang terdapat dalam aplikasi Gcam, fungsinya adalah untuk mengatur level bokeh pada latar belakang gambar ataupun bisa mengatur suatu objek yang perlu mendapatkan fokus. Bahkan menariknya lagi bahwa ternyata fitur ini juga menyematkan 2 beauty mode yang bernama Natural dan Soft.

Tidak hanya kelima fitur utama di atas, bahkan aplikasi Gcam dengan versi terbarunya juga telah  meluncurkan berbagai fitur terbaru lainnya yang bisa digunakan untuk hasil jepretan yang lebih epik. Diantara fitur yang berhasil diluncurkan adalah seperti Dark Mode di tampilan setting, Measure mode untuk mengukur dimensi objek via AR, mode flash untuk kamera selfie, fitur transisi antar mode kamera, hingga fitur Cheetah atau mode time – lapse yang dalam persiapan.

Nah itulah beberapa ulasan tentang aplikasi buatan Google yang terdapat dalam Gcam Poco F3, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.